Friday, August 16, 2013

Kesehatan Mulut Pengaruhi Usus Besar

Kesehatan Mulut Pengaruhi Usus BesarMASIH banyak sebagian orang yang mengabaikan kesehatan mulutnya. Kini, sebaiknya Anda berpikir lagi bila masih mengabaikan kesehatan mulut. Apa pasal?  
Sebuah penelitian dari Case Western Reserve University School of Dental Medicine menunjukkan, bakteri yang disebut fusobacterium nucleatum dapat menempel pada sel usus dan memicu perubahan yang bisa menyebabkan kanker usus besar. 
 
"Penemuan ini menciptakan potensi untuk alat diagnostik baru dan terapi untuk mengobati, serta mencegah kanker," ujar pemimpin penelitian, Yiping Han, dikutip Webmd.
 
Lebih lanjut, temuan menunjukkan pentingnya kesehatan mulut yang baik. Yiping Han mengatakan, tingkat fusobacterium nucleatum jauh lebih tinggi pada orang dengan penyakit gusi. Selanjutnya, meskipun mungkin penelitian ini menemukan hubungan antara infeksi oral dan kanker usus besar, hal tersebut tidak membuktikan hubungan sebab-akibat.
 
Penelitian yang dipublikasikan dalam the Journal Cell Host & Microbe juga berisi penelitian lain dari kelompok berbeda. Pada penelitian lain tersebut menjelaskan bagaimana fusobacterium nucleatum dapat mempercepat akumulasi sel-sel kanker.
(tty)

»

1 comments:

ION-QQ POKER
kami dari agen poker terpercaya tahun ini
Hanya dengan deposit dan withdraw 20.000 anda sudah dapat berrmain .. di sini kami

menyediakan 4 permainan : bandar poker , play bandarQ , play domino99 dan play

poker .. tunggu apalagi gan ayo segera daftar kan diri anda dan menangkan ratusan

juta rupiah | PIN BB : 58ab14f5

Post a Comment