Wednesday, August 14, 2013

Batasi Istirahat Siang, Tidur pun Lebih Berkualitas

Batasi Istirahat Siang, Tidur pun Lebih BerkualitasMENDAPATKAN tidur lebih berkualitas memang susah-susah gampang. Namun, Anda tetap masih bisa mendapat kualitas tidur lebih baik dengan mengetahui siasat-siasatnya.

Nah, apa saja siasat-siasat itu? Berikut, ulasannya seperti dilansir Huffingtonpost.

Batasi tidur siang

Jauhi untuk tidur di siang hari, apalagi di sore hari. Pasalnya kondisi itu bisa menyebabkan seseorang kesulitan tertidur saat malam harinya. Kendati demikian, Anda masih bisa melakukan tidur siang bila Anda memang benar-benar membutuhkannya.

Bangun jadwal yang konsisten

Bangun jadwal tidur yang konsisten adalah ide yang baik untuk mendapat kualitas tidur lebih baik. Caranya yaitu dengan teratur pergi tidur diawal malam dan bangun di pagi setiap hari.

Hindari alkohol, kafein dan tembakau saat jam malam

Alkohol adalah depresan, sedangkan nikotin dan kafein adalah stimulan yang bisa membuat Anda sulit tertidur saat malam. Sehingga jadwal tidur Anda bisa tak teratur, bahkan kualitas tidur bisa jadi buruk.

Teruslah aktif di siang hari

Banyak bergerak atau aktif bisa membantu seseorang mendapat tidur lebih baik, tapi tidak setelah jam tujuh dan delapan malam.

Gunakan tempat tidur Anda untuk tidur atau seks saja

Jangan pernah menonton TV, bekerja, atau melakukan proyek-proyek perkerjaan di tempat tidur. Pasalnya, kondisi itu akan menghambat Anda mendapat kualitas tidur lebih baik.

Hindari melihat jam bila Anda bangun di malam hari

Mengetahui waktu saat seseorang bangun di tengah malam, hanya akan membuat perasaan seseorang lebih buruk.

Jaga kesejukan kamar Anda

Buatlah kondisi tempat tidur Anda senyaman dan sesejuk mungkin. Bila Anda tergolong orang yang menyukai suasana tempat tidur dingin saat malam hari, buatlah kondisi seperti itu. Ataupun juga kondisi hangat yang banyak disukai para orang tua, bila Anda memang menyukai kondisi itu.

Mengatur rasa gelisah Anda

Perasaan gelisah atau khawatir seringkali penyebab tidur seseorang tak berkualitas. Untuk itu, jika kecemasan itu mengganggu tidur Anda suatu saat, cobalah menuliskannya menjadi daftar dalam suatu kertas, kemudian berjanjilah untuk mengerjakan penyebab kecemasan itu setelah Anda bangun beristirahat.

Menjaga kamar tetap gelap

Menjaga kamar tetap gelap atau menghindari cahaya yang kuat adalah salah satu cara yang baik untuk mendapat kualitas tidur lebih baik.

Bicaralah dengan dokter Anda

Kadang-kadang masalah tidur tak hanya karena usia, melainkan masalah kesehatan, seperti sakit kronis, depresi, atau gangguan tidur (sleep apnea). Sementara itu, bicaralah dengan dokter Anda untuk mendapatkan penanganan yang efektif dan efisien. (ind)

»

0 comments:

Post a Comment