Wednesday, August 14, 2013

Olahraga Ringan Cegah Penyakit Tendon

Olahraga Ringan Cegah Penyakit TendonMELAKUKAN olahraga secara teratur pasti baik untuk kesehatan fisik, mental, dan emosional. Namun, tidak perlu sampai melakukan olahraga berat. Hanya dengan berolahraga ringan seperti berlari dapat memperoleh manfaat kesehatan, seperti mengurangi risiko penyakit tendon.

Hal ini berdasarkan penelitian para ilmuwan dari University of East Anglia yang didukung Arthritis Research UK. Mereka menemukan, aktivitas fisik dapat menurunkan kadar dari kelompok enzim yang disebut metalloproteinase. Enzim tersebut dapat menurunkan jaringan tendon.

Lebih lanjut, hal ini menunjukkan bahwa olahraga ringan seperti berlari dapat membantu menangkal penyakit tendon. Penyakit ini sering menimbulkan kondisi yang menyakitkan dan sering melemahkan, serta ditandai dengan nyeri kronis, peradangan, dan kekakuan.

Selanjutnya, peneliti utama dari penelitian yang dipublikasikan the Journal Molecular Cell Research, Dr Eleanor Jones mengatakan, timbulnya penyakit tendon hampir selalu dikaitkan dengan olahraga.

?Namun, hubungan tersebut belum sepenuhnya dipahami. Kami telah menunjukkan bahwa olahraga ringan memiliki efek yang positif pada tendon,? ungkap Dr Jones, dikutip Netdoctor.

Namun, Dr Jones mencatat, penelitian ini dilakukan pada sel tendon manusia dan menekankan masih diperlukan lebih banyak penelitian, termasuk uji klinis untuk mengonfirmasi temuan.

(tty)

»

0 comments:

Post a Comment