Monday, August 5, 2013

Jangan Biarkan Anak Main Petasan Sendirian!

 Jangan Biarkan Anak Main Petasan Sendirian!BAGI anak kecil, lebaran dan petasan seumpama kaus kaki dan sepatu, sulit terpisahkan. Karenanya para harus mengambil langkah preventif agar efek buruk petasan tak menimpa anak Anda.

Ya, mengambil langkah preventif sejak dini ialah cara yang sangat baik. Pasalnya petasan tak jarang melukai tangan dari anak. Namun tak usah cemas sebenarnya, asal Anda bisa mengawal dan memberikan pengertian atas bahayanya.

"Pada dasarnya anak bermain petasan boleh-boleh saja, namun harus ada di sampingnya, untuk memastikan anaknya aman. Kalau bisa dia sendiri menyalakan petasannya dan sampai ia ngumpet untuk memainkan petasan sendirian, " kata Dr. Piprim B. Yanuarso SpA(K) seorang dokter spesialis anak RS. Cipto Mangunkusumo kepada Okezone dalam acara yang bertema SOHO Group #Better U: Optimalkan Tumbuh Kembang Si Kecil, Gedung Koran SINDO, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Lebih lanjut, tambah dia, para harus memberikan pengetahuan atas bahaya bermain petasan. Hal ini agar anak memiliki benteng sendiri, bila suatu waktu tak mengawasinya.

"Menjaga kesehatan anak dari bahaya petasan itu susah-susah gampang. Susah bila anak tidak didampingi dan tidak diberikan pengertian bahaya petasan, hingga sangat mungkin bisa mencederai organ tubuhnya. Tetapi bisa juga mudah, bila bisa memberikan pengertian 'bahayanya petasan ini loh, Nak', ' Jaga jaraknya seperti ini loh, Nak. Misalnya ada teman didekat kamu sedang memegang petesan'. Intinya sih bisa dibilang perhatian yang cukup dan stimulasi pada anak," terangnya. (tty)

»

0 comments:

Post a Comment