Monday, August 5, 2013

Tip Jaga Kesehatan Anak Saat Mudik

 Tip Jaga Kesehatan Anak Saat MudikPERGI mudik dengan membawa balita memiliki tantangan tersendiri. Pasalnya tubuh mereka rentan terkena penyakit. Meski begitu, namun tak usah cemas, asal Anda sudah menyiapkan kebutuhan dari sisi tubuh dan fisik saat di tengah jalan.

Adapun hal itu diungkap oleh Dr. Piprim B. Yanuarso SpA(K) seorang dokter spesialis anak RS. Cipto Mangunkusumo. Dia menjelaskan bahwa persiapan matang dengan membawa perlengkapan dan apap yang dibutuhkan anak ialah salah satu formula pendukung kesehatan anak saat menjalani mudik. Umumnya anak harus diberikan asupan nutrisi yang cukup saat sahur, agar stamina tubuh tak mudah turun drastis.

Namun, tak hanya sebatas itu. Masih banyak lagi yang yang harus dipersiapkan para ditengah perjalanan. Mau tahu?

Berikut ini Dr. Piprim memberikan tip menjaga kesehatan anak yang bisa Anda andalkan untuk pergi mudik lebaran:

-Membawa persediaan air dalam tas

Tubuh anak sangat mudah mengalami kekurangan air, apalagi bila ia masih menjalani puasa. Karenanya para harus membawa air yang cukup dalam tas untuk berjaga-jaga ataupun kebutuhan berbuka.

-Membawa obat telon

Membawa obat telon saat perjalanan mudik, bisa membantu anak tak mudah masuk angin, entah karena 'mabuk darat' atau menghadapi cuaca baru ditempat asal mudik.

-Membawa baju hangat

Hal ini bertujuan untuk melindungi anak bila sewaktu-waktu turun hujan, ataupun daerah tujuan mudiknya memiliki suhu yang dingin, agar anak tak mudah masuk angin dan terserang flu-batuk.

-Membawa perlengkapan makanan pengganti ASI

Hal ini bertujuan agar sewaktu-waktu anak tak kuat menjalani puasa, makanan sudah tersedia untuk mencukupi gizinya.

- Membawa tisu basah

Hal ini untuk menjaga bila sewaktu-waktu anak muntah, ataupun menjaga kehigienisan saat berbuka puasa di jalan. (tty)

»

0 comments:

Post a Comment