Sunday, August 4, 2013

Pola Minum Puasa Bagi si Kecil

Pola Minum Puasa Bagi si KecilIBARAT ukuran baju, untuk urusan puasa Ramadan anak memiliki ukurannya sendiri. Tidak bisa disamakan dengan oang dewasa. Apa sebab?

Ya, hal ini karena anak masih membutuhkan nutrisi dan vitamin yang cukup untuk tumbuh secara fisik dan mental. Seperti yang diketahui, puasa membuat anak tak makan puasa selama 12 jam, bila asupan tak cukup akan membuatnya lemas. Namun tak usah khawatir sebenarnya, asal Anda bisa memberikan asupan yang cukup, dari makan dan minum, keluhan lemas pada anak bisa dihindari.

"Sediakan makanan berprotein tinggi dan kaya akan nutrisi, seperti daging, telur, ikan segar, dada daging ayam, tahu, tempe dan sayur-sayuran hijau. Hal ini untuk melengkapi nutrisi dalam tubuh yang akan digrogoti juga lemak dan proteinnya saat menahan puasa, " ujar Dr. Piprim B. Yanuarso SpA(K) seorang dokter spesialis anak RS. Cipto Mangunkusumo kepada Okezone dalam acara yang bertema SOHO Group #Better U: Optimalkan Tumbuh Kembang Si Kecil, Gedung Koran SINDO, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Selain itu, kata dia, terpenting ialah cairan air dalam tubuh si anak yang harus cukup. Pasalnya anak seringkali tetap aktif kendati ia menjalani puasanya. Di mana para  bisa merujuk pada berat badan untuk kisaran berapa banyak yang harus dikonsumsi. Menurutnya paling kecil berat badannya air mineral yang harus ia konsumsi masih relatif sedikit, tetapi berbeda bila si anak memiliki berat badan besar ia harus mengonsumsi jauh lebih banyak.

"Bila anak Anda memiliki berat badan 20 kilo ataupun dibawahnya, harus mengonsumsi enam gelas aqua. Tapi saat anak Anda sudah diatasi 30 kilo harus sudah mengonsumsi tujuh gelas aqua, dimana hal itu merupakan batas minimal yang harus diminum setia anak, dibagi antara saat berbuka sampai dengan sahur," tutupnya. (tty)

»

0 comments:

Post a Comment