Sunday, April 28, 2013

Ibu Hamil Tiga Kali Lebih Risiko Varises

Ibu Hamil Tiga Kali Lebih Risiko VarisesSEPERTI yang diketahui bahwa varises lebih menyerang wanita saat hamil. Ternyata, kemungkinan risiko itu semakin berkali lipat bila wanita mengalami kehamilan ketiga kali.  
Hal ini sebagaimana dijelaskan oleh Dr. R. Suhartono, MD, Ketua Perhimpunan Spesialis Bedah Vaskuler dan Endovaskuler Indonesia. Dia menjelaskan bahwa seorang wanita yang mengalami kehamilan ketiga kali lebih berisiko terkena varises dibanding kehamilan yang sebelumnya.
 
?Efek varises pada ibu hamil sangat tinggi, apalagi ibu yang mengalami kehamilan yang ketiga. Terdata, persentase efek seorang wanita terkena risiko pada kehamilan pertama sebanyak 15 persen, kemudian pada hamil kedua 30 persen, dan terakhir semakin meningkat, yaitu 57 persen pada wanita yang mengalami kehamilan ketiga,? katanya saat ditemui dalam acara yang bertemakan Edukasi Masyarakat Mengenai Bahaya Gangguan Vena di The 3 House, Kuningan Village, Jakarta, Sabtu, 27 April 2013.
 
Dia menjelaskan alasan wanita sering hamil semakin besar risikonya karena tekanan gravitasi dan hal yang bersifat kewanitaan.
 
?Pemicu risiko varises semakin besar pada wanita di kehamilan ketiga, antara lain pengaruh hormonal dan himpitan pembuluh darah vena karena pembesaran rahim. Selain itu, tekanan gravitasi yang membuat ibu hamil sulit bergerak, apalagi ditambah kehamilan ketiga itu sudah diumur yang terlalu tua. Inilah penyebab utama varises semakin tinggi risikonya. Dari kondisi ini bisa menjelaskan bahwa kehamilan yang terjadi untuk empat kali ataupun lima kali semakin dekat dengan varises,? terangnya.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment