Thursday, April 25, 2013

Lemak Ini Sahabat Terbaik Tubuh Anda

Lemak Ini Sahabat Terbaik Tubuh AndaBEBERAPA lemak seperti lemak jenuh memang terbilang berisiko membawa berbagai penyakit kedalam tubuh Anda. Namun, bukan berarti semua jenis lemak bersifat jahat dan merugikan tubuh. Ada jenis lemak tertentu yang patut Anda ketahui karena bermanfaat bagi tubuh Anda.

Dalam nutrisi, beberapa vitamin disebut vitamin larut lemak. Anda memang membutuhkan lemak yang larut untuk dapat diserap oleh tubuh. Yang perlu diingat adalah menemukan jenis lemak yang lebih sehat dari lemak yang lain, dan dapat memberikan manfaat bagi kesehatan Anda, demikian yang dilansir Foxnews.

Lemak makanan tidak sehat termasuk lemak jenuh dan lemak trans. Lemak ini biasanya ditemukan di sumber pangan hewani. Lemak jenuh meningkatkan kolesterol darah dan low-density lipoprotein (LDL atau kolesterol jahat) dan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Di sisi lain, lemak makanan sehat termasuk lemak tak jenuh tunggal (MUFA) dan lemak tak jenuh ganda (PUFA). MUFAs ditemukan di banyak sumber makanan, termasuk minyak. PUFA yang paling sering ditemukan dalam makanan nabati.

Penelitian telah menunjukkan bahwa diet kaya kedua lemak sehat dapat meningkatkan kadar kolesterol, mengurangi risiko penyakit jantung, dan juga positif memengaruhi insulin dan kadar gula darah. Oleh karena itu, Anda tidak perlu menghindari lemak, cukup dengan memilih lemak yang sehat dan bermanfaat bagi tubuh Anda. (ind) (tty)

»

0 comments:

Post a Comment