Friday, April 26, 2013

Uje Alami Benturan Kepala Hebat

Uje Alami Benturan Kepala HebatKECELAKAAN yang dialami Ustad Jeffry Al Buchori (Uje) diduga cukup keras. Sehingga hal ini menyebabkan benturan hebat di kepalanya.

Ya, cedera kepala memang kerap menjadi penyebab kematian utama dari kecelakaan lalu lintas, khususnya kecelakaan pengendara motor. Dalam Twitter-nya, dr Pukovisa Prawiroharjo, SpS menjelaskan ada beberapa mekanisme yang membuat trauma kepala bisa mematikan.

"Benturan itu sendiri merusak otak secara langsung dan menyebabkan reaksi radang (inflamasi) hebat yang terus berproses. Proses itu lalu merusak otak," ujarnya.

Dokter spesialis syaraf peminatan Neurobehavior (fungsi kognitif) yang sekaligus staf pengajar FKUI tersebut juga menambahkan,  benturan kepala juga mengakibatkan perdarahan di dalam rongga otak. Sehingga hal inilah yang dapat memicu tekanan pada batang otak akibat pertambahan massa darah.

"Masalahnya volume rongga otak itu enggak bisa banyak bertambah, maka pertambahan volume baru dari perdarahan akan membuat tekanan dlm rongga otak meningkat," terangnya.

"Jika tekanannya tinggi dapat menekan batang otak. Di batang otak ada tiga pusat vital sekaligus yang terkait nyawa yaitu pusat kesadaran, pengatur pernafasan dan pengatur denyut jantung" imbuhnya.

Lebih lanjut, pemilik akun @pukovisa tersebut juga menjelaskan walau fungsi jantung dan paru dalam keadaan baik, namun batang otak yang terkena akan menyebabkan nafas dan sirkulasi darah tidak normal bahkan bisa berhenti.

"Pada kecelakaan sejenis dan yang sering menyebabkan kematian adalah cedera di sumsum (medulla spinalis) bagian leher. Ini karena di sumsum bagian leher terdapat pusat penggerak otot pernafasan. sehingga jika terkena, meski paru-paru bagus pasien dapat meninggal karena tidak bisa bernafas,"tutup dokter yang juga wakil ketua IDI cabang Jakarta Pusat itu. (tty)

»

0 comments:

Post a Comment