Sunday, April 28, 2013

Ayam Jadi Sebab Utama Kasus Flu Burung di China

Ayam Jadi Sebab Utama Kasus Flu Burung di ChinaVIRUS flu burung H7N9 di Cina bertambah lagi. Diberitakan pada hari Sabtu kemarin bahwa muncul kasus pertama H7N9 di provinsi Hunan Selatan.

Hal ini seperti yang dilaporkan kantor berita resmi Xinhua, dimana dijelaskan bahwa ada seorang terinfeksi flu burung yaitu wanita berumur 64 tahun dari kota Shaoyang. Wanita ini sebelumnya telah mengalami demam tinggi semenjak 14 April 2013, empat hari setelah berkontak langsung dengan unggas. Sejauh ini keadaannya telah membaik dengan pengobatan yang intensif

Flu yang menyerang wanita tua itu sendiri terdeteksi pada bulan Maret. Menanggapi hal itu, World Health Organization (WHO) menyatakan bahwa virus flu burung ini bisa dikatakan ialah salah satu virus yang paling mematikan dan juga lebih mudah menular dibanding varian flu burung yang menewaskan ratusan orang di seluruh dunia pada tahun 2003.

Kasus lainnya, seorang pria berumur 54 tahun juga terinfeksi di provinsi Jiangxi dan kini dirawat di kota Hunan. Para dokter di sana telah mendiagnosisa dan menemukan bahwa pria tua itu telah terinfeksi H7N9. Demikian seperti dilansir Reuters.

Kasus flu burung di Hunan sendiri terinfeksi sehari lebih awal dan baru sesudahnya muncul di provinsi timur Fujian dimana melaporkan adanya kasus infeksi  pertama. Dalam minggu yang sama, seorang pria di Taiwan terkena kasus pertama H7N9 di luar Cina. Pria ini setelah diwawancarai, para dokter menemukan bahwa pria itu pernah terserang flu saat berpergian ke Cina sebelum pulang ke negaranya.

Menanggapi kondisi itu, para ilmuwan Cina pada hari Kamis menegaskan, bahwa ayam ialah penyebab utama dari penularan flu burung ke manusia di Cina sejauh ini. (ind) (tty)

»

0 comments:

Post a Comment