Saturday, April 27, 2013

Buah Hati Tersedak Makanan, Bagaimana Atasinya?

Buah Hati Tersedak Makanan, Bagaimana Atasinya?GANGGUAN saat makan bisa saja terjadi pada bayi Anda. Jangan dulu panik menghadapinya. Cara sederhana berikut membantunya.

Ancaman tersedak saat makan pada anak bisa terjadi karena berbagai hal. Anda perlu tanggap menghadapinya agar bayi Anda merasa nyaman jkembali. dr Elina Waiman, SpA memberikan tipnya berikut ini, seperti dilansir Tabloid Mom & Kiddie.

Tersedak Makanan

Anak kecil mudah tersedak makanan. Bila si kecil batuk dan muntah namun masih bisa bernapas dan berbicara, maka tak perlu melakukan tindakan apa-apa.

Namun jika ia tidak bisa bicara atau tidak dapat bernapas (ditandai dengan dada bayi tidak bergerak naik atau turun) maka harus segera dibawa ke rumah sakit sambil Moms berusaha mengatasi keadaan yang mengancam jiwa ini dengan melakukan manuver Heimlich. Berikut langkahnya:

Anak dalam keadaan sadar (untuk anak usia < 1 tahun)

-Pegang anak dengan meletakkan tangan kiri di rahang dan dada bayi sementara tangan kanan Moms di antara kedua kaki bayi, agar ia tidak tergelincir. Selanjutnya tengkurapkan/telungkupkan bayi di lengan Anda hingga tangan kiri tepat/pas menahan rahang dan dadanya.

-  Jika Moms dalam posisi duduk, tekuklah kaki kiri untuk menahan tubuh bayi. Letakkan lengan Anda di paha hingga Anda memangku bayi dalam posisi tengkurap (wajah bayi menghadap ke bawah), sangga kepala bayi dengan telapak tangan kiri dan jangan halangi/tutup mulutnya. Posisikan kepala anak lebih rendah dari badan dan tungkainya.

-    Jika Moms dalam posisi berdiri, majukan kaki kiri dan tekuk sedikit untuk menahan berat bayi dan tetap pastikan kepala bayi lebih rendah dari tubuhnya.

-    Berikan 5 tepukan di bagian tengah punggung bayi (di antara tulang belikat) menggunakan bagian bawah telapak tangan kanan Moms sebagai usaha untuk mengeluarkan benda yang tersedak.

-    Posisikan kepala anak ke atas, dan lihat apakah benda tersedak tersebut telah keluar. Apabila belum keluar, letakkan anak di permukaan yang rata (boleh juga tetap di tangan ibu). Letakkan dua atau tiga jari di bagian pertengahan tulang dada, dan tekan/sentak ke atas secara cepat sebanyak 5 kali.

-    Ulangi tindakan memukul punggung dan mendorong dada ini sampai benda yang tersedak keluar atau anak kehilangan kesadaran. Apabila anak tidak sadar, segera lakukan tindakan pertolongan jantung paru (CPR / Cardipulmonary Resuscitation)

-    Jangan mencoba-coba memasukkan jari dan mengeluarkan benda apabila benda tersebut tidak terlihat karena tindakan ini dikhawatirkan justru akan membuat benda yang tersedak masuk semakin dalam. (ind) (tty)

»

0 comments:

Post a Comment