Tuesday, April 30, 2013

Penuhi Vitamin D? Konsumsi Saja Jamur

Penuhi  Vitamin D? Konsumsi Saja Jamur ADA banyak nutrisi dari bahan makanan yang bisa Anda jadikan sumber vitamin dan mineral. Salah satu pilihan sumber vitamin D biasanya banyak didapatkan dari susu dan sinar matahari. Namun di luar asupan tersebut, Anda pun memiliki sumber alternatif lainnya.
 
Makan jamur mungkin sama efektifnya untuk meningkatkan kadar serum vitamin D sebagai suplemen. Dalam uji coba secara acak, peneliti memberikan asupan harian ekstrak jamur selama 12 minggu kepada peserta penelitian. Mereka memberikan serum 25-hidroksivitamin D [25 (OH) D] dan beberapa jenis serum lainnya kepada para peserta untuk melihat reaksi yang ditimbulkan, demikian yang dilansir Everydayhealth.
 
Michael Holick, MD, PhD, dari Universitas Boston, dan rekan mengatakan, ?hasil ini memberikan bukti bahwa mengonsumsi jamur yang sudah terkena sinar ultraviolet mengandung vitamin D2 dimana merupakan sumber baik vitamin D yang dapat meningkatkan status vitamin D orang dewasa yang sehat.?

Jamur memproduksi vitamin D2, atau ergocalciferol, saat terkena sinar matahari atau radiasi ultraviolet, dalam proses yang sama dimana manusia memproduksi vitamin D3, atau cholecalciferol. Tidak semua tanaman memiliki sifat ini, namun jamur, rumput laut, dan ragi mampu menyerap nutrisi penting ini.
 
Para peneliti juga menilai, kandungan vitamin D dalam jamur bisa menjadi alternatif pilihan lain bagi mereka yang menghindari produk hewani. (ind)
 
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment