Thursday, April 25, 2013

Tip Alami Sembuhkan Batuk Pilek Anak

Tip Alami Sembuhkan Batuk Pilek AnakCUACA yang kurang bersahabat belakangan ini kerap mendatangkan penyakit batuk pilek pada anak-anak. Agar tak menjadi parah, lakukan penanganan berikut ini.

Batuk pilek yang dibiarkan begitu saja lambat laun akan berefek pada penyakit lainnya yakni demam, batuk berdahak dan hidung tersumbat. Dengan kondisi tersebut, tidur anak pun jadi terganggu.

"Bila seorang anak sudah mengalami batuk pilek, segera langsung ditangani agar tidak berefek ke gejala sakit lainnya yaitu batuk berdahak, demam dan hidung tersumbat. Sebab apabila sudah dalam kondisi itu pemulihan anak akan lebih lama. Kemudian, cara penanganan awal untuk kondisi itu  ialah para orangtua memberikan minum air hangat. Hal ini bertujuan agar tarikan napas anak tidak terganggu, dan proses penyembuhan selanjutnya yaitu istirahat yang cukup bisa berhasil.  Bagaimana anak bisa sembuh cepat, kalau bernapas saja susah?, " tutur  Dr. S. Djokomuljanto, MMed (Paeds) SpA.  Dokter Spesialis Anak saat diwawancarai Okezone dalam acara yang bertema  Peluncuran 'Antangin Junior' Untuk Atasi Gejala Masuk Angin Pada Anak, di Restoran Kembang Goela, Jend. Sudirman-Jakarta, Rabu 24 April 2013.

Ia menjelaskan bahwa sebelum anak istirahat untuk memulihkan kesehatannya, buatlah lebih dulu lingkungan yang sehat untuk anak. Buatlah kondisi anak tetap hangat setiap waktu. Anda dapat menyetel suhu di kamar sesuai dengan kebutuhannya serta kalau perlu menyiapkan selimut agar pemulihannya lebih cepat.

Selain itu, perhatikan pula saat anak-anak mengonsumsi makanan. Jagalah selalu kesehatan makanan dan kebersihan tangannya untuk mencegah virus masuk.

"Memerhatikan makanan yang dimakan, saat anak berangsur membaik dari batuk-pilek sangat penting. Sebab kalau dibiarkan, alih-alih sembuh malah bisa buruk lagi keadaannya. Oleh karena itu,  hindari makanan yang kehigienisannya belum terjamin, agar kuman dan bakteri tidak berkembang lagi dalam tubuh anak. Selain itu, para orangtua juga harus mengajak anak untuk hidup sehat, seperti mencuci tangan sebelum makan. Alasannya, hal itu agar menghalangi kuman di tangan selepas pergi  bermain tidak masuk ke tubuh," terangnya. (ind) (tty)

»

0 comments:

Post a Comment