Thursday, April 25, 2013

Hati-Hati, Kerokan Malah Bikin Tubuh Rentan Sakit

Hati-Hati, Kerokan Malah Bikin Tubuh Rentan SakitBANYAK orang menganggap ketika orang sakit masuk angin, semua akan selesai bila dikerok. Padahal, trik itu hanyalah membuat Anda semakin rentan sakit.

Dalam sisi medis, seseorang yang tubuhnya dikerok dengan koin sebagai upaya mengeluarkan angin sebenarnya justru merusak pembuluh darah dalam badan. Hal ini tentu akan membuat penyakit mudah datang.

?Kerokan atau usaha yang dilakukan orang untuk mengeluarkan angin dengan koin itu sebenarnya hanya akan membuat pembuluh darah Anda pecah. Hal ini bisa bila dibiarkan berdampak memudahkan banyak virus ataupun bakteri masuk ke dalam tubuh. Memang efeknya tidak akan langsung terasa oleh tubuh Anda, tapi akan terasa efeknya di kemudian hari,? tutur  Dr. S. Djokomuljanto, MMed (Paeds) SpA.  Dokter Spesialis Anak saat diwawancarai Okezone dalam acara yang bertema Peluncuran ' Antangin Junior' Untuk Atasi Gejala Masuk Angin Pada Anak, di Restoran Kembang Goela, Jend. Sudirman-Jakarta, Rabu 24 April 2013.

Mengingat efeknya yang membahayakan, maka upaya tersebut pun tidaklah disarankan untuk dilakukan.

?Sejauh ini, para dokter tidak pernah menyarankan mengerok badan dengan koin bila sakit masuk angin. Alasannya simpel, karena belum ada penelitian sampai sekarang mengenai keberhasilan apakah setelah dikerok angin akan keluar,? terangnya. (ind) (tty)

»

0 comments:

Post a Comment