Thursday, April 25, 2013

Selain Kurang Kalsium, Ini Penyebab Lain Osteoporosis

Selain Kurang Kalsium, Ini Penyebab Lain OsteoporosisKEKURANGAN kalsium dikenal dapat menyebabkan osteoporosis. Namun apakah hanya kekurangan kalsium yang dapat memicu osteoporosis?

Penyakit osteoporosis adalah penyakit yang berhubungan dengan gangguan pada tulang. Biasanya ini dipicu akibat kekurangan kalsium dalam tulang. Namun ternyata tidak hanya kekurangan kalsium yang dapat memicu gangguan tulang yang satu ini.

"Faktor risiko ini bisa datang dari penuaan, kekurangan nutrisi, keturunan, lifestyle, penyakit tertentu, dan konsumsi obat yang dapat menyebabkan tubuh kehilangan kalsium," tutur Dr. Muliaman Mansyur, dalam sebuah acara "Kenali Kifosi, Jauhkan Penyebabnya, Osteoporosis" di Kota Kasablanka, Jakarta, Kamis (25/4/2013).

Berbagai faktor pemicu osteoporosis ini harus diwaspadai karena beberapa diantaranya terjadi tanpa Anda sadari. Misalnya faktor lifestyle. Kebiasaan tidak sehat seperti merokok, minum alkohol atau makan tidak sehat juga menjadi pemicu kerusakan tulang.

"Meskipun ada banyak faktor yang bisa dengan mudah memengaruhi kesehatan tulang, namun Anda bisa melakukan pencegahan, misalnya dengan mulai mengonsumsi susu tinggi kalsium. Atau dengan memenuhi asupan kalsium dengan konsumsi makanan lain seperti sayuran hijau, atau ikan yang juga mengandung kalsium," tutup dr. Muliaman. (ind) (tty)

»

0 comments:

Post a Comment