Wednesday, April 24, 2013

Pengobatan Teratur, Tuberkulosis pun Bisa Disembuhkan

Pengobatan Teratur, Tuberkulosis pun Bisa DisembuhkanKONDISI penyakit tuberkulosisi memang terlihat menakutkan. Namun  jika penderita melakukan pemeriksaan dini, dan mengonsumsi obat secara rutin dan teratur, bukan hal mustahil penyakit ini bisa disembuhkan.
 
Pada orang dewasa penyakit tuberkulosis sering mendapatkan pengobatan dalam jangka waktu tertentu. Hal ini juga berlaku pada tuberkulosis yang terjadi pada anak-anak. Meski pengobatan terbilang cukup lama, namu jika Anda secara teratur mengonsumsi obat-obatan yang diberikan maka penyakit ini bisa disembuhkan secara total.
 
?Banyak kasus TB yang menyerang dan kambuh lagi akibat kurangnya kepatuhan penderita saat minum obat. Memang jangka waktu pengobatan cukup lama, bisa sekira enam hingga sembilan bulan, tergantung kondisi keparahan penyakit,? tutur ungkap dr. Wahyuni Indawati, spesialis anak dalam seminar media Tuberkulosis Pada Anak, di kantor IDAI, Jakarta, Selasa 23 April 2013.
 
Meskipun pengobatan yang dilakukan cukup lama dengan beragam obat dengan jumlah yang tidak sedikit. Namun pada akhir pengobatan, penderita bisa mendapatkan hasil yang maksimal, yaitu kesembuhan total dari penyakit paru-paru ini.
 
?Penyakit TB bisa disembuhkan, asal pengobatan dilakukan secara teratur dan penderita mau patuh untuk mengonsumsi obat. Kunci keberhasilan pengobatan TB adalah pengobatan yang teratur dan tuntas,? tandas dr. Wahyuni. (ind)
 
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment