Tuesday, August 13, 2013

Jurus Pintar Hilangkan Kebiasaan Buruk Makan

Jurus Pintar Hilangkan Kebiasaan Buruk Makan KEBIASAAN makan yang buruk sedianya bisa diubah dengan menerapkan pola yang tepat. Seperti apa caranya?

Hidup sehat merupakan sebuah komitmen untuk dijalani. Hal itu jika Anda menginginkan sehat untuk selamanya. Salah satu hal penting yang perlu dimulai sejak dini ialah mengubah kebiasaan makan buruk yang kerap Anda lakukan. Berikut tipnya, seperti tertulis dalam buku Smart Eating karya Dr Samuel Oetoro, MS, SPGK.

- Buat daftar kebiasaan makan Anda. Tuliskan apa yang Anda makan dan waktu Anda makan. Ini akan membantu menemukan kebiasaan Anda.

- Tandai kebiasaan-kebiasaan makan yang buruk harus diperbaiki, misalnya makan tidak teratur, makan berlebihan, makan terburu-buru dan seterusnya.

- Tandai situasi tak terduga yang mungkin Anda hadapi setiap hari atau setiap minggu. Pulang untuk liburan hari raya atau menghadiri jamuan pesta dapat menjadi pemicu untuk makan berlebihan. Anda harus punya strategi untuk mengatasi situasi tersebut, misalnya memilih rute yang berbeda untuk menghindari berhenti di restoran fast food di jalan. Bila akan menghadiri rapat, minta kepada office boy agar di meja rapat hanya disuguhi makanan atau minuman sehat atau duduk jauh-jauh dari makanan  sehingga tidak mudah mencomot makanan. Atau Anda makan dulu sebelum rapat.

- Ganti kebiasaan buruk dengan kebiasaan baru yang sehat. Misalnya, Anda mungkin menyadari bahwa Anda suka makan terburu-buru. Solusinya :

a. Makan perlahan saja, kunyah dengan baik dan nikmati. Jika makan terlalu cepat, Anda hanya akan berusaha membersihkan piring Anda, tak peduli masih lapar atau sudah kenyang.

b. Makanlah pada waktu yang semestinya (sarapan, makan siang, dan makan malam), bukan saat lelah, cemas atau mengalami emosi lain).

c. Rencanakan mau makan apa untuk memastikan bahwa Anda makan makanan yang seimbang dan sehat.

- Ciptakan kebiasaan sehat dengan penuh kesabaran dan niat. Kebiasaan baru tidak dapat terjadi dalam semalam, perlu sekira 8-12 minggu untuk melakukan hal yang positif terus menerus demi membentuknya menjadi kebiasaan. Teruslah konsisten, demi hidup sehat dan usia panjang, yakinkan bahwa Anda bisa melakukannya. (ind)

»

0 comments:

Post a Comment