Wednesday, March 6, 2013

Waspada, Kurang Minum Ancam Infeksi Saluran Kemih

Waspada, Kurang Minum Ancam Infeksi Saluran Kemih INFEKSI saluran kemih memang dapat diakibatkan oleh kuman atau karena kebersihan yang tidak dijaga. Namun, siapa sangka bahwa tidak cukup minum air, dan tubuh mengalami kekurangan cairan, juga bisa menyebabkan infeksi saluran kemih.
 
Gangguan kesehatan berupa infeksi saluran kemih bisa ternyata juga bisa disebabkan karena tubuh kekurangan cairan. Ini terjadi saat hormon ADH (Anti Deuretik Hormone) meningkat dan menyerap air dari ginjal.
 
?Perlu diingat, bahwa saat tubuh kekurangan cairan, maka otak akan merespon dengan mengeluarkan ADH. Rangsangan dari otak ini akan membuat ADH membantu tubuh untuk mendapatkan cairan dengan cara menyerapnya dari dalam ginjal,? ungkap Dr.dr Parlindungan Siregar, SpPD, dokter penyakit dalam FKUI RSCMm,  dalam sebuah acara bertema Jaga Pola Hidup demi Ginjal yang Sehat, di hotel Grand Sahid, Jakarta, Rabu (06/03/2013).
 
Penyerapan ini akan menyebabkan ginjal kehilangan cairan. Padahal, ginjal membutuhkan cairan ini agar dapat berfungsi lebih baik. Setelah penyerapan, ini akan membuat Anda menjadi jarang buang air kecil dan urin menjadi lebih pekat.
 
?Karena kepekatan urin dan kekurangan cairan pada ginjal inilah yang memicu bakteri untuk menyerang. Sehingga infeksi saluran kemih dapat terjadi,? jelas dr. Parlin. (ind)
 
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment