Wednesday, March 6, 2013

Manula Hanya Boleh Konsumsi 1,5 Liter Air Per Hari

Manula Hanya Boleh Konsumsi 1,5 Liter Air Per Hari   KITA sering disarankan untuk minum banyak air. Namun berapa banyak konsumsi air yang dibutuhkan oleh tubuh dan apakah semua usia bisa mengonsumsi jumlah air yang disarankan tersebut?
 
Ternyata, jumlah air yang harus dikonsumsi rata-rata adalah sekira 1,5 hingga 2 liter air setiap hari. Tubuh akan mengontrol asupan air agar tetap menjaga fungsi organ dalam tubuh.  Namun, ternyata kita bisa mengonsumsi asupan air lebih dari 2 liter sepanjang hari.
 
?Jumlah asupan air tergantung dari kegiatan yang dilakukan setiap individu. Jika Anda bekerja di tempat dengan cuaca panas atau gemar berolahraga, Anda bisa mengonsumsi asupan cairan sebanyak empat liter. Tapi tentu tidak dalam satu waktu. Empat liter bisa Anda bagi ke dalam beberapa waktu, misalnya setiap dua jam sekali, atau tergantung kebutuhan Anda,? ungkap Dr.dr Parlindungan Siregar, SpPD, dokter penyakit dalam FKUI RSCMm,  dalam sebuah acara bertema Jaga Pola Hidup demi Ginjal yang Sehat, di hotel Grand Sahid, Jakarta, Rabu (06/03/2013).
 
Namun, kemampuan tubuh untuk menyerap hingga empat liter air ini hanya diperuntukkan bagi mereka yang berusia masih muda.
 
?Empat liter air ini masih bisa dikontrol oleh tubuh, dan tidak boleh lebih dari empat liter bagi anak muda sekalipun. Bagi mereka yang berusia lanjut, 60 tahun ke atas, disarankan hanya mengonsumsi asupan air sekira 1,5 liter setiap hari. Terlalu banyak asupan air bagi orangtua, bisa menyebabkan kekurangan natrium yang bisa menggangu kesehatan,? tutup dr. Parlin. (ind)
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment