Wednesday, March 27, 2013

Kehilangan Darah Picu Anemia Kronis

Kehilangan Darah  Picu Anemia KronisADA banyak faktor yang bisa menyebabkan Anda mengalami anemia. Beberapa di antaranya mungkin menjadi salah satu faktor paling berisiko yang membuat Anda lebih mudah terkena anemia
 
Penyebab dari anemia sendiri dibagi menjadi beberapa faktor, antara lain kehilangan darah, faktor genetik, penyakit kronis atau keganasan, juga gangguan nutrisi.
 
?Penyebab anemia seperti kehilangan darah bisa terjadi akibat adanya pendarahan kronis, misalnya gastrointestinal, menstruasi, atau bentuk lain dari pendarahan. Yang paling banyak terjadi adalah pendarahan akibat adanya gangguan saluran cerna, seperti buang air besar yang mengeluarkan darah atau menstruasi tidak normal,? jelas Dr. Nadia Ayu Mulansari, SpPD, dari Divisi Hematologi-Onkologi Medik FKUI/RSCM, dalam sebuah acara media workshop bertema Anemia Kenali Risiko & Solusinya di Restoran Meradelima, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (27/3/2013).
Sementara untuk penyebab anemia akibat bawaan atau genetik bisa menciptakan penyakit seperti thalasemia, yaitu suatu penyakit di mana jumlah darah dalam tubuh berkurang, namun zat besi di dalamnya sangat tinggi.
 
?Karena penyebab anemia bisa beragam pada setiap orang, penting untuk melakukan pemeriksaan mendalam. Ini akan membantu dokter untuk mengetahui apa penyebab utama dari anemia. Jika sudah ditemukan penyebabnya, maka penanganan akan disesuaikan dengan kondisi penyebab penderita anemia,? tambah Dr. Nadia.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment