Thursday, March 28, 2013

UI Siap Bangun Rumah Sakit Canggih & Modern

UI Siap Bangun Rumah Sakit Canggih & ModernUNIVERSITAS Indonesia (UI) siap membangun rumah sakit pendidikan skala modern untuk seluruh masyarakat umum. Hal itu diyakini dapat membantu melayani masyarakat, khususnya yang berada di Depok dan wilayah Jabodetabek.  
Saat ini, rumah sakit tipe B yang akan dibangun satu kompleks dengan Fakultas Kedokteran itu segera dibangun. Pemasangan tiang pancang pun akan dilakukan kurang lebih bulan depan.
 
Wakil Rektor UI Muhammad Anis mengatakan, pihaknya menargetkan pembangunan rumah sakit tersebut akan selesai dalam 24 bulan dari sekarang.
 
"Pembangunan tiang pancang sebentar lagi dilakukan. Satu bulan lagi. Untuk warga Indonesia dan warga Depok juga pastinya, sehingga 2015 ditargetkan siap beroperasi," ungkapnya kepada wartawan, Kamis (28/3/2013).
 
Anis mengklaim, RS UI merupakan rumah sakit pendidikan yang canggih ada di Indonesia. Sebab, kata dia, dilengkapi dengan peralatan medis modern dan konsep gedung tahan gempa.
 
"Belum ada rumah sakit secanggih kita. Modern, tahan gempa, dengan peralatan terkini, expert di bidangnya. Dokter lulusan UI. Nurse bahkan profesor. Semuanya ada di UI," ungkapnya.
 
Nantinya RS UI juga akan memiliki stroke center. Dengan gedung 14 lantai dan luas tanah lebih dari 70 ribu meter persegi, rumah sakit tersebut akan memiliki 300 tempat tidur.
 
"Akan satu kompleks dengan Fakultas Kedokteran, dekat boulevard dan FIK yang lama, ada 300 bed, dirancang ke depan untuk 900 bed. Tapi yang penting bisa survive dulu," jelasnya.
 
Anis juga memastikan bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kota. Salah satunya dengan melayani pasien miskin peserta Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda).
 
"Pemda harus berkontribusi. Nanti akan ada komunikasi dengan rumah sakit jejaring, dengan RSUD. Harus terima pasien miskin, tak ada perbedaan. Targetnya agar warga Depok tidak berobat ke Jakarta lagi," tegasnya.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment