Saturday, March 30, 2013

Panduan Periksa ke Dokter Gigi & Terbebas dari Kuman

Panduan Periksa ke Dokter Gigi & Terbebas dari KumanSEKALIPUN masyarakat sudah mempunyai kesadaran tinggi, namun infeksi pada gigi atau tertular kuman dari pasien ke pasien yang lain masih juga sering terjadi. Hal ini tentu saja melecut Anda untuk selalu waspada.
Memang tidak dipungkiri bahwa kuman bisa datang dari mana saja, termasuk saat Anda memeriksakan kesehatan gigi. Biasanya, infeksi bisa muncul lewat peralatan kesehatan yang tidak terawat dengan baik atau lingkungan tidak steril.

Anda yang mempunyai kebiasaan rutin memeriksakan gigi, sebaiknya mulai waspada dan bisa menanyakan langsung kepada dokter ketika mendapati suatu masalah. Upaya ini perlu dilakukan agar infeksi gigi tidak menimpa Anda karena sudah ada jaminan dari dokter.

Untuk memastikan bahwa dokter memang serius memberikan pelayanan yang baik dan sesuai standar, bisa Anda cek lewat panduan berikut.

Apakah dia memakai sarung tangan?

Perhatikan apakah dokter memakai sarung tangan saat Anda berkunjung merupakan hal yang penting. Pastikan bahwa sarung tangan yang dipakai diambil dari tempat yang steril untuk menjamin Anda tidak tertular infeksi dan kuman dari pasien sebelumnya, sebagaimana seperti dilansir CNN Health.

Periksa kebersihan lingkungan kantornya

Kebersihan kantor adalah indikator yang sangat penting untuk melihat kesadaran diri dokter dalam memberikan pelayanan kepada pasien dan calon pasiennya.

Perhatikanlah, apakah ruangan tersebut rapi dan banyak sampah di sekitar. Apakah ada wadah pembuangan khusus untuk jarum dan wadah untuk sabun mencuci tangan, atau Anda juga bisa bertanya bagaimana dokter tersebut membersihkan peralatannya.

Perhatikanlah validasi sertifikat kompetensi profesi dan kelayakan ruang praktik

Memantau sertifikat profesi kompetensi, sertifikat pencapaian, verifikasi sterilisasi ruang praktik dari perusahaan pihak ketiga adalah penting untuk melihat seberapa ahlinya dia dalam memberikan perawatan. selain itu juga, hal ini membuat Anda bisa melihat, seberapa sterilnya ruangan praktik yang digunakan untuk melakukan pelayanan. Hal ini penting untuk penjelasan bahwa dokter tersebut memang ahli dan kantornya sudah layak sebagai tempat praktik.

Perhatikanlah peralatan dokter Anda

Penting bagi dokter gigi untuk menyimpan semua peralatannya dalam kotak sterilisasinya sendiri. Tertutupnya peralatan dokter atau tersegelnya peralatan pendukungnya adalah indikator untuk melihat seberapa mawasnya dokter atas pemberian pelayanan dan pencegahan infeksi silang dari pasien lain. Jika Anda menemukan peralatan yang digunakan sudah terbuka saat ingin melayani, ada baiknya Anda menanyakan kebersihannya terlebih dahulu sebagai sikap pencegahan diri Anda.

Jangan takut untuk bertanya

Jangan pernah takut bertanya tentang kebersihan dan penanganannya yang biasa dilakukan. Hal ini penting sebagai pencegahan dari terkontaminasinya Anda dari kuman pasien lain. Pada dasarnya, sesungguhnya dokter gigi yang baik pasti memberikan penjelasan atas peralatan yang dipakai untuk keselematan, perlindungan, dan kenyamanan Anda. (tty)

»

0 comments:

Post a Comment