Tuesday, March 26, 2013

Vaksinasi Bisa Memperburuk Asma?

Vaksinasi Bisa Memperburuk Asma?TIDAK sedikit orang berpendapat bahwa vaksinasi menjadi obat mujarab bagi penderita asma ketika musim flu tiba. Tapi, apakah benar begitu?  
Memiliki asma tidak membuat seseorang lebih rentan untuk mendapatkan flu. Tapi itu meningkatkan risiko radang paru-paru dan komplikasi serius lainnya. Asma adalah kondisi medis yang paling umum pada orang karena kedinginan.

Namun, penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan orang dengan asma -kira-kira dua pertiga- tidak mendapatkan perawatan lebih. Sebagian karena khawatir semburan flu itu sendiri dapat memperburuk asma dan mempengaruhi kambuhnya.
 
Tetapi, penelitian baru yang diterbitkan Cochrane Database of Systematic Reviews menyangkal hal itu di mana vaksinasi flu itu sebenarnya tidak memperburuk asma.  Termasuk juga memperburuk kondisi asma pada anak-anak usia tiga tahun dan orang dewasa. Hal ini berdasarkan data terakhir dari percobaan yang dilakukan secara acak dan melibatkan anak-anak dan orangtua yang terserang asma.
 
Salah satu penelitian baru yang membahas masalah ini dilakukan di Inggris dan telah dipublikasikan dalam Journal Thorax. Penelitian tersebut melibatkan 12.000 orang dengan objek para pengidap sakit asma dan gangguan pernapasan lain. Lebih dalam lagi, dijelaskan dalam jurnal tersebut bahwa para peneliti tidak menemukan peningkatan dalam hasil yang merugikan dalam dua pekan setelah orang diimunisasi. Kesimpulan dari penelitian ini menjelaskan bahwa vaksinasi tidak berdampak untuk memperparah asma. Demikian seperti dilansir New York Times Health.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment