Wednesday, March 27, 2013

Gara-Gara Suka Mendengkur, Diabetes Hinggapi Anda

   Gara-Gara Suka Mendengkur, Diabetes Hinggapi AndaBANYAK yang tidak menyadari bahwa mendengkur atau Obstractive Sleep Apnae (OSA) bisa memicu penyakit kronis. Penyakit apakah itu?  
Tidak sedikit orang mengetahui bahaya dari kebiasaan mendengkur. Bila selama ini gangguan tidur itu dianggap mereka sepele, nyatanya sangat berbahaya untuk kesehatan. Di mana bisa memicu penyakit kronis, seperti diabetes dan penyakit jantung.
 
Hal ini sebagaimana dijelaskan S Rimawati, ahli sekaligus peneliti dari Indonesia Sleep Society yang ditemui dalam acara bertema Obstructive Sleep Apnae, Auditorium RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita, Jakarta Barat, Rabu (27/3/2013).

?Biasanya penderita OSA berbadan gemuk sehingga sulit untuk tidur malam dan lebih memilih berkegiatan hingga akhirnya mengonsumsi karbonhidrat. Di situlah awal dari masalahnya,? tutur dia.
 
Menurutnya, mendengkur bisa menurunkan kualitas hidup Anda, mulai makan tidak enak, tidur tidak nyenyak, dan buang air pun tidak lancar.
 
?Hal ini berdasarkan dampak gangguan mendengkur yang dialami peserta penelitian, di antaranya mengantuk 75 persen, tidur tidak pulas 69 persen, perubahan hormon 58 persen, perubahan perilaku 48 persen, sakit kepala 35 persen, dan noktoria (buang air kecil saat malam) 35 persen,? jelasnya.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment