Thursday, March 28, 2013

Teknologi Baru Atasi Infeksi Selamatkan Banyak Nyawa

Teknologi Baru Atasi Infeksi Selamatkan Banyak NyawaSALAH satu kendala yang dihadapi rumah sakit saat ini adalah ketepatan mendiagnosis penyakit, khususnya infeksi. Menemukan diagnosis bakteri yang tepat akan membantu mempercepat proses penyembuhan.
 
Mendiagnosis bakteri yang menyebabkan suatu infeksi memang tidak mudah. Diperlukan ketelitian dan teknologi yang canggih agar diagnosis tepat dan tidak menghabiskan waktu analisis terlalu lama.
 
?Saat ini diagnosis bakteri penyebab infeksi bisa menghabiskan waktu hingga tiga hari lamanya. Padahal, dokter membutuhkan diagnosis segera untuk dapat memberikan penanganan yang tepat dan membantu menyelamatkan nyawa pasien,? jelas Prof. Amien Subandrio, Deputi Menteri Ristek RI dalam sebuah acara bertema Teknologi Terkini Mikrobiologi Klinik Dalam Peningkatan Layanan Kesehatan, Hotel Four Seasons, Kuningan, Jakarta, Kamis (28/3/2013).
 
Diagnosis tepat dengan waktu yang terbilang cepat saat ini bukan lagi impian semata. Tenaga medis bisa mempercepat proses analisis dan banyak pasien bisa diselamatkan. Alat terbaru bernama bernama vitek mass spectrophotometry (vitek MS) yang dikembangkan atas kerja sama perusahaan Biomerieux ? Prancis dengan Simadzu ? Jepang ini diharapkan dapat membantu masyarakat Indonesia menjadi lebih sehat.
 
?Hal ini membantu dokter melakukan penanganan yang lebih baik, juga pemberian obat yang lebih tepat sasaran. Pasien juga lebih cepat sembuh, jangka waktu pengobatan menjadi lebih pendek, dan keselamatan pasien terjamin,? ungkap Prof. Amien.
 
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment