Wednesday, March 27, 2013

Serangan Jantung Dipicu Kebiasaan Mendengkur

Serangan Jantung Dipicu Kebiasaan MendengkurTAMPAKNYA sepele, namun seseorang yang mempunyai kebiasaan mendengkur Obstructive Sleep Apnoe (OSA) patut waspada. Pasalnya, gangguan kesehatan ini bisa menyebabkan Anda kena serangan jantung.  
Seiring waktu berjalan, sederet penyakit kini makin banyak dialami orang. Bahkan, mendengkur yang dianggap sepele pun bisa berdampak tidak baik terhadap kesehatan. Bahkan, penderitanya tidak hanya orang dewasa atau lanjut usia, namun anak-anak juga bisa mengalaminya.
 
"Apalagi hal ini dipicu oleh masyarakat Indonesia yang banyak mengidap hipertensi dan diabetes. Jangan kaget jika serangan jantung mendadak menyerang teman atau siapa saja," tutur Bambang Budi Siswanto, MD, Ph.D, FIHA, FAPsC, FAsCC,ahli jantung dari RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita yang ditemui di acara bertema Obsrtructive Sleep Aspnea, Auditorium Pusat Jantung Nasional Harapan Kita, Jakarta,  Rabu ( 27/3/2013).
 
Menurutnya,  gangguan tidur ini berkontribusi besar atas penyakit jantung dan diabetes, yaitu 50 persen. Kalau tidak ditindaklanjuti, bisa memicu penyakit serius lainnya.
 
Berikut ini beberapa tip bagi Anda yang merasa selama ini tidurnya bermasalah atau sudah menderita gangguan ini:
 
?Miringkan badan saat Anda mau tertidur. Hal ini penting agar sirkulasi oksigen keluar masuk dengan lancar.
 
? Upayakan untuk menurunkan berat badan bagi Anda yang merasa gemuk. Hal ini sangat penting karena kebanyakan penderita gangguan ini adalah orang yang berkelebihan berat badan hingga memicu penyakit kardiovaskular.
 
?Rutin olahraga pagi, ini penting untuk membantu peredaran darah dalam tubuh.
 
?Pemberian oksigen dengan alat CPAP-BIPAP langsung ke daerah sekitar hidung dan mulut, jika dirasa gangguan bernapas ini sudah memperburuk tubuh Anda.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment