Thursday, March 28, 2013

Teknologi Ini Mudahkan Infeksi Terdeteksi

Teknologi Ini Mudahkan Infeksi Terdeteksi   SALAH satu kondisi medis yang mendapatkan perhatian banyak pihak saat ini adalah infeksi. Banyak kasus ditemukan, bakteri yang menyerang manusia beberapa di antaranya sudah rentan terhadap antibiotik.
 
Inilah yang mendasari dikembangkannya teknologi alat medis mikrobiologi bernama vitek mass spectrophotometry (vitek MS), suatu alat kesehatan dengan teknologi terbaru melalui pemeriksaan mikrobiologi dalam darah yang membantu diagnosis penyakit serta penentuan fungsi penggunaan antibiotik agar lebih tepat sasaran.
 
?Salah satu kondisi berat dan cukup menghambat penanganan medis adalah apabila pasien mengalami infeksi berat. Para dokter harus mencari tahu jenis bakteri dan antibiotik apa yang tepat untuk mengatasi infeksi. Namun karena teknologi yang belum berkembang, ini bisa menjadi masalah, karena dibutuhkan waktu cukup lama untuk mendiagnosis bakteri yang berkembang pada infeksi pasien. Tentu semakin lama waktu diagnosis akan semakin membahayakan nyawa pasien,? ungkap Prof. Amien Subandrio, Deputi Menteri Ristek RI dalam sebuah acara berteman Teknologi Terkini Mikrobiologi Klinik Dalam Peningkatan Layanan Kesehatan, di Hotel Four Seasons, Kuningan, Jakarta, Kamis (28/3/2013).
 
Teknologi mikrobiologi terbaru ini dapat memudahkan tenaga medis untuk membuat diagnosa penyakit khususnya infeksi dalam waktu yang cukup singkat. ?Diharapkan teknologi yang semakin berkembang ini dapat membantu banyak pihak, baik pasien maupun tenaga medis. Ini akan mempermudah proses pengobatan, karena bakteri penyebab infeksi dapat didiagnosa dengan tepat, sehingga pemberian obat pun juga tepat sasaran,? jelas Prof. Amien. (ind)
 
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment