Wednesday, March 27, 2013

Menstruasi Tidak Normal, Waspada Anemia

Menstruasi Tidak Normal, Waspada AnemiaJANGAN anggap remeh gangguan menstruasi yang Anda alami. Jika dibiarkan, ini dapat memicu anemia yang membahayakan kesehatan Anda.
 
Salah satu faktor pemicu anemia adalah kondisi siklus menstruasi yang tidak normal. Kehilangan banyak darah saat menstruasi diduga dapat menyebabkan anemia.
 
?Menstruasi dikatakan tidak normal saat seorang wanita mengalami menstruasi dengan jangka waktu panjang. Di mana umumnya, wanita hanya mengalami menstruasi satu kali dalam sebulan, tetapi pada beberapa kasus, ada yang mengalami hingga dua kali menstruasi setiap bulan. Kondisi inilah yang dikatakan menstruasi tidak normal yang menyebabkan anemia,? kata Dr. Nadia Ayu Mulansari, SpPD, dari Divisi Hematologi-Onkologi Medik FKUI/RSCM, dalam sebuah acara media workshop bertema Anemia, Kenali Risiko dan Solusinya, Restoran Meradelima, Kebayoran Baru, Jakarta, Rabu (27/3/2013).
 
Selain lamanya waktu, siklus menstruasi yang tidak normal juga bisa menjadi pemicu anemia pada wanita. Sayangnya, banyak wanita tidak menyadari bahwa menstruasi merupakan salah satu pemicu anemia pada wanita.
 
?Ini yang menjadikan anemia cukup banyak ditemukan pada wanita, mereka tidak menyadari gangguan menstruasi bisa memicu anemia. Jika Anda mengalami gangguan menstruasi, ada baiknya memeriksakan kondisi kesehatan darah Anda, apakah berpotensi anemia atau tidak,? tutur Dr. Nadia.
 
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment