Monday, March 25, 2013

Kurang Kalsium, Waspada Ancaman Osteoporosis

Kurang Kalsium, Waspada Ancaman Osteoporosis KEKURANGAN kalsium bagi orangtua bisa mempercepat datangnya osteoporosis. Ini karena hilangnya kalsium melemahkan tulang dan membuat mereka lebih rentan patah. Vitamin D adalah pembantu kalsium, memungkinkan tubuh untuk menyerap lebih banyak mineral hingga bisa fit beraktivitas.  
Ternyata, kekurangan kalsium juga menjadi penyebab penyakit jantung. Dengan begitu, Anda sebaiknya bisa mengonsumsi kalsium sebanyak mungkin dari makanan. Pilihan menu itu ada pada susu dan keju.
 
"Ada banyak makanan yang mengandung kalsium, namun kenyataannya banyak orang tidak menyadarinya," kata Dr Michelle Hauser, pengajar gizi kedokteran di Harvard Medical School.
Mengonsumsi  makanan yang mengandung kalsium secara tradisional telah ada pada susu (kacang 8 ons mengandung 300 mg kalsium) dan olahan susu lainnya. Tapi, olahan susu sering datang dengan lemak jenuh dan banyak kalori, yang membatasi penggunaannya untuk memberikan kalsium.

Dr Hauser menunjukkan bahwa sejumlah makanan umum selain susu, keju, dan makanan olahan susu dapat memberikan jumlah yang sebanding kalsium:
 
Pertama, delapan ons jeruk mengandung sekira 300 mg kalsium. Kalsium dalam susu kedelai juga lebih baik dibandingkan dengan susu. Kedua, sarapan sereal (yang diperkaya) mengandung sejumlah besar kalsium, terutama bila dikombinasikan dengan susu rendah lemak. Ketiga, sebuah porsi makan oatmeal (gandum berserat tinggi) mengandung 100 mg kalsium.
 
"Tapi jika Anda memotong beberapa buah tin kering (dasar bunga yang berbentuk bulat) dan menambahkannya ke semangkuk oatmeal dengan susu, Anda dengan mudah mendapatkan sekitar setengah dari apa yang Anda butuhkan tanpa suplemen," kata Dr Hauser.
 
Selanjutnya, makan siang dan makan malam mampu meningkatkan kalsium. Mulailah dengan salad dengan sayuran hijau seperti kangkung atau lobak. "Campuran sayur-sayur mengandung kalsium yang setara dengan segelas susu," kata Dr Hauser. Tapi cobalah makan bayam-itu tinggi zat besi, yang cenderung menghalangi penyerapan kalsium.
 
Terakhir, jika Anda menikmati sarden dan ikan kalengan bersama tulangnya sekaligus, Anda sedang beruntung, karena itu mengandung kalsium tinggi. Sebab, sebanyak tiga ons sarden diketahui menyediakan sekira 325 mg kalsium. Seperti yang dilansir oleh Harvard Health Publications.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment