Monday, March 25, 2013

Siasat Pelaku Diet Bisa Makan Apa Saja

Siasat Pelaku Diet Bisa Makan Apa SajaMAKANAN prasmanan di restoran adalah keuntungan bagi yang lapar, tapi mimpi buruk bagi pelaku diet atau mereka yang mencoba menjaga berat badan agar sehat. Jika Anda sedang diet, ikuti langkah tepat ini.  
Ahli gizi Brian Wansink memberikan panduan kepada Anda yang sedang menjadi program diet. Pertama, sebelum menyantap makanan, berjalanlah di sekitar seluruh prasmanan untuk melihat pilihan Anda. Kedua, taruhlah makanan Anda di piring kecil, bukan yang besar.

Wansink bersama rekannya Mitsuru Shimizu melakukan penelitian terhadap 300 pria dan wanita yang mengonsumsi makanan prasmanan di restoran China. Wansink yang dikenal sebagai profesor perilaku konsumen di Cornell University melibatkan 30 peneliti.
 
Para peneliti diam-diam merekam enam kegiatan spesifik mereka, di antaranya bagaimana pengunjung dengan cepat melayani diri sendiri, pilihan ukuran piring, lokasi meja, bagaimana mereka menghadapi menu prasmanan, peralatan makan yang digunakan, dan dimana mereka menempatkan serbet.
 
Saat penelitian berlangsung, mereka terlihat membawa piring kecil saat menuju meja prasmana. Kegiatan itu nyatanya bisa mempersingkat waktu, sehingga berdampak pada jumlah porsi makan mereka lebih sedikit. Demikian yang dilansir Harvard Health Publications.

"Konsisten dengan gagasan bahwa perubahan kecil mungkin mengurangi kecenderungan seseorang untuk makan berlebihan, pembahasan obrolan tentang bagaimana melayani diri sendiri, dan menggunakan piring yang lebih kecil, dapat mengurangi makan berlebihan di prasmanan," tulis mereka di Journal Amerika Preventive Medicine, April 2013.
 
Dalam studi sebelumnya, tim Cornell menunjukkan bahwa pengunjung prasmanan dengan indeks massa tubuh (ukuran berat) yang tinggi cenderung langsung menyantap makanan sebelum melihat-lihat, menggunakan piring besar, duduk menghadap prasmanan, dan menggunakan garpu bukan sumpit.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment