Wednesday, March 6, 2013

Orang-Orang Ini Berisiko Kena Ginjal Kronik

Orang-Orang Ini Berisiko Kena Ginjal Kronik   PENYAKIT ginjal kronik adalah salah satu penyakit mematikan yang sulit untuk disembuhkan. Penderita PGK ini harus melakukan perawatan seumur hidup agar dapat bertahan hidup. Untuk itu, mengetahui faktor risiko akan membantu Anda mencegah penyakit ini.
 
Jika Anda salah seorang yang mengidap penyakit diabetes atau hipertensi, mungkin Anda patut waspada, karena kedua penyakit tadi bisa memicu penyakit ginjal kronik (PGK).
 
?Ada beberapa orang yang berisiko untuk mengidap PGK, diantaranya, mereka yang memiliki riwayat keluarga PGK, kebiasaan tidak sehat seperti merokok, umur yang sudah lebih dari 50 tahun, juga adanya penyakit seperti hipertensi, diabetes dan obesitas,? ungkap dr.Dharmeizar, SpPD-KGH, ketua Perhimpunan Nefrologi Indonesia (PERNEFRI) dalam sebuah acara bertema Jaga Pola Hidup demi Ginjal yang Sehat, di hotel Grand Sahid, Jakarta, Rabu (06/03/2013).
 
Orang-orang berisiko ini harus meningkatkan kewaspadaan mereka terhadap adanya kemungkinan mengidap PGK. Bahaya dari PGK sendiri adalah, penyakit ini tidak bisa disembuhkan secara total, jika Anda sudah mengidap PGK dan tidak melakukan pengobatan bisa terus berkembang dan memperburuk kondisi kesehatan Anda.
 
?Yang tidak disadari masyarakat adalah, PGK tidak pernah bisa kembali normal, justru akan makin berkembang, kemudian menyebabkan komplikasi seperti adanya batu pada ginjal, hingga berujung kematian,? ungkap dr. Dharmeizar.
 
Agar tidak berkembang lebih jauh, dr. Dharmeizar memberikan tips pencegahan, yaitu untuk melakukan pengecekan tekanan darah, kontrol gula darah, diet makanan sehat, dan segera mengobati infeksi saluran kemih. (ind)
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment