Wednesday, March 6, 2013

Delapan Langkah Jaga Kesehatan Ginjal

Delapan Langkah Jaga Kesehatan GinjalGINJAL adalah salah satu organ vital dalam tubuh yang berfungsi untuk menjauhkan tubuh dari segala racun yang mengendap. Selain itu, ginjal juga membantu komposisi cairan tetap terjaga dan mencegah dehidrasi. Menjaga kesehatan ginjal menjadi sangat penting agar tubuh tetap fit dan sehat.
 
Cairan yang ada dalam tubuh tentu akan keluar secara alami lewat keringat atau urin. Saat tubuh kehilangan cairan, kita harus mengganti pasokan cairan ini dari luar dengan mengonsumsi air. Ginjal juga punya fungsi yang luar biasa seperti mengatur tekanan darah dan menyeimbangkan elektrolit penting dan menjaga ritme jantung.
 
?Saat ini masyarakat dihimbau untuk dapat mempraktekan pola hidup sehat, terutama kesehatan ginjal. Ini dilakukan untuk mencegah penyakit ginjal kronik (PGK). Minum air putih terbukti cukup ampuh untuk mencegah penyakit yang berhubungan dengan gangguan ginjal, termasuk batu ginjal dan saluran kemih,? ungkap Dr.dr Parlindungan Siregar, SpPD, dokter penyakit dalam FKUI RSCMm,  dalam sebuah acara bertema Jaga Pola Hidup demi Ginjal yang Sehat, di hotel Grand Sahid, Jakarta, Rabu (06/03/2013).
 
Untuk menjaga kesehatan ginjal, Anda bisa melakukan delapan langkah sederhana, yaitu menjaga kesehatan dan rutin berolahraga, menjaga kadar gula darah tetap stabil, menjaga tekanan darah dalam batas normal, mengosumsi makanan sehat dan menjaga berat badan, minum banyak air putih, tidak merokok, tidak mengonsumsi obat sembarangan serta memeriksakan fungsi ginjal segera apabila memiliki salah satu atau lebih faktor risiko.
 
?Menjaga kesehatan ginjal misalnya dengan mencukupi kebutuhan asupan air akan membantu tubuh terhidrasi dengan baik. Sehingga bisa mencegah penyakit atau komplikasi penyakit yang diakibatkan oleh ginjal yang rusak,? tandas dr. Parlindungan. (ind)
 
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment