Monday, March 4, 2013

Cegah Glaukoma, Periksa Mata Secara Rutin

Cegah Glaukoma, Periksa Mata Secara RutinJANGAN anggap enteng kesehatan mata Anda.Jika tidak dijaga dengan baik, kesehatan mata Anda bisa terganggu, bahkan mengalami kebutaan. Apalagi jika Anda memiliki penyakit seperti diabetes dan hipertensi.

Para penderita hipertensi dan diabetes kini patut waspada. Pasalnya, kedua penyakit ini bisa mengalami komplikasi yang mengakibatkan kebutaan permanen.

?Yang harus diwaspadai saat ini adalah gangguan mata akibat penyakit tidak menular seperti diabetes dan hipertensi. Diabetes bisa menyebabkan retinopati pada mata berdarah dan mengakibatkan kebutaan. Sementara hipertensi bisa menyebabkan tekanan pada mata meningkat dan menyebabkan glaukoma atau kebutaan permanen akibat tekanan pada saraf mata yang menyebabkan kebutaan,? jelas Prof. Dr. Nila F Moeloek, dr. SpM, Ketua Persatuan Ahli Mata Indonesia (Perdami) sekaligus Utusan Khusus Presiden untuk MDGs, saat di wawancara Okezone secara eksklusif di kantor MDGs, Jalan Teuku Umar, No. 10, Menteng, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Namun, bukan berarti Anda tidak bisa mencegah kebutaan yang disebabkan oleh kedua penyakit tadi. Ada cara yang bisa Anda lakukan, asal disiplin dan rutin melakukan pemeriksaan.

?Mudah saja, saat melakukan pemeriksaan diabetes atau hipertensi, periksa juga kesehatan mata Anda. Periksa tekanan mata dan kondisinya pada dokter. Dengan melakukan pemeriksaan ini, Anda dapat mencegah kerusakan pada mata seminimal mungkin, sehingga mata Anda tetap sehat,? ungkap Dr. Nila. (ind) (tty)

»

0 comments:

Post a Comment