Thursday, March 7, 2013

Benarkah Kopi Sebabkan Dehidrasi?

Benarkah Kopi Sebabkan Dehidrasi?   KAFEIN dalam kopi dikenal dapat membuat Anda terjaga sepanjang hari. Beberapa kondisi lain yang dipercaya merupakan efek samping oleh kopi termasuk dehidrasi dan meningkatnya keinginan untuk buang air kecil. Namun, benarkah kopi bisa membuat Anda dehidrasi?
 
Pada dasarnya, jika Anda mengonsumsi kopi dalam jumlah normal, kafein didalamnya tidak menyebabkan dehidrasi. Beberapa penelitian yang dipimpin oleh profesor dan ilmuwan dari Lawrence Armstrong menyangkal keyakinan lama bahwa jumlah tertentu kafein menyebabkan dehidrasi, demikian yang dilansir Livestrong.

Kafein dianggap menyebabkan dehidrasi karena bertindak sebagai diuretik dan meningkatkan kebutuhan Anda untuk buang air kecil. Hilangnya peningkatan cairan tubuh melalui buang air kecil inilah yang sebenarnya menyebabkan dehidrasi. Anda bisa mengganti cairan yang keluar dengan mengonsumsi air putih yang cukup.
 
Meskipun kafein tidak mengakibatkan dehidrasi, namun konsumsi terlalu banyak kafein masih dapat menyebabkan kegugupan, sulit tidur dan rasa cemas. Selain itu, beberapa minuman seperti soda dan teh juga memiliki kandungan kafein yang bisa memengaruhi kesehatan Anda. Mencukupi cairan tubuh dengan air putih bisa membantu Anda menjaga kesehatan dan mencegah dehidrasi. (ind)
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment