Thursday, March 7, 2013

Payudara Bengkak, Waspada Gejala Tumor

Payudara Bengkak, Waspada Gejala Tumor   TUMOR memang cenderung tidak membahayakan. Namun, gangguan kesehatan yang satu ini juga cukup mengkhawatirkan. Apalagi jika tumor menyerang bagian intim seperti payudara wanita. Kenali gejala tumor payudara berikut, agar Anda bisa melakukan pencegahan.
 
Pemyakit tumor yang berhubungan dengan kanker payudara kadang-kadang membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk berkembang. Beberapa tumor payudara dapat menjadi berbahaya bahkan sebelum muncul sebagai benjolan kecil pada permukaan payudara Anda. Itu sebabnya, penting untuk mengetahui apakah ada tumor potensial tumbuh di payudara Anda. Berikut ini merupakan gejala yang bisa muncul dari tumor payudara yang patut Anda waspadai, seperti yang dilansir Ehow.

Gejala kulit

Ketika kanker payudara mulai berbentuk, Anda mungkin mengalami perubahan kulit pada payudara. Anda mungkin mulai merasa bagian atau benjolan keras pada kulit payudara Anda yang bisa terjadi di mana saja pada permukaan payudara, atau di sepanjang sisi tubuh Anda. Anda juga mungkin merasa benjolan besar atau kecil tepat di bawah permukaan kulit Anda. Bagian atau benjolan keras pada kulit  mungkin bertambah besar dan memicu nyeri.

Pembengkakan payudara
Karena tumor yang berkembang bisa menyebabkan kanker payudara, Anda mungkin memerhatikan payudara Anda mulai membengkak. Seiring waktu, payudara yang terkena tumor akan membengkak ke titik di mana bagian payudara Anda terasa lebih besar dari bagian yang lain. Anda bisa melihat bengkak di daerah tertentu pada payudara Anda, dan biasanya berhubungan langsung dengan lokasi tumor. Seiring waktu, daerah-daerah pembengkakan akan bertambah besar, saat tumor tumbuh, payudara akan membengkak. Payudara Anda mungkin juga mulai berubah bentuk lebih oval daripada sebelumnya.

Muncul debit pada puting
Saat tumor tumbuh, bisa menimbulkan gejala pada bagian lain dari payudara. Salah satu gejala adalah keluarnya cairan dari puting. Debit ini mungkin berwarna putih, atau mungkin bercampur dengan darah dan menjadi merah muda. Jika Anda melihat debit yang aneh dari puting Anda, ini mungkin merupakan tanda bahwa tumor berkembang di suatu tempat di payudara Anda.
Bentuk dan ukuran puting

Tumor dapat mulai merusak penampilan payudara Anda, dan salah satu daerah yang paling mencolok adalah di areola atau puting. Daerah puting mungkin tampak berubah dalam bentuk dan ukuran tertentu, atau hanya areola yang mengalami perubahan. Tanda lain potensi tumor payudara berkembang adalah puting yang tidak dapat tegang. (ind)
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment