Wednesday, March 6, 2013

Sering Minum Teh Picu Batu Ginjal

Sering Minum Teh Picu Batu Ginjal   MENGONSUMSI minuman seperti teh atau kopi memang menjadi salah satu variasi atau cara memenuhi asupan cairan dalam tubuh. Jika berlebihan mengonsumsi kedua minuman ini, Anda bisa alami gangguan kesehatan ginjal.
 
Teh dan kopi memang dikenal memiliki kandungan kafein yang cukup tinggi. Kopi, misalnya, ternyata bisa memicu Anda lebih banyak buang air kecil. Dengan begitu, Anda dituntut harus segera mengganti cairan yang keluar dengan air putih agar tidak dehidrasi.
 
Selain itu, mengonsumsi teh dalam jumlah berlebihan juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan.
 
?Bagi yang memiliki faktor risiko batu ginjal atau riwayat keluarga batu ginjal, sebaiknya Anda mengurangi minum teh. Hal ini bisa memicu pembentukkan batu dalam ginjal,? jelas Dr. dr Parlindungan Siregar, SpPD, dokter penyakit dalam FKUI RSCM dalam sebuah acara bertema Jaga Pola Hidup demi Ginjal yang Sehat, Hotel Grand Sahid, Jakarta, Rabu, 6 Februari 2013.
 
Dr. Parlin menjelaskan, pada beberapa kasus, ada orang yang berisiko untuk membentuk batu kalsium dalam ginjalnya. Dan batu kalsium ini bisa dengan mudah terbentuk jika Anda mengonsumsi teh dalam jumlah berlebihan.
 
?Batu kalsium itu terbentuk akibat adanya oksalat dan teh adalah salah satu minuman yang mengandung oksalat cukup tinggi. Ini tentu bisa mempermudah pembentukan batu kalsium oksalat pada ginjal, yang memicu penyakit batu ginjal,? ucap pria yang akrab disapa dr. Parlin ini.
 
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment