Sunday, March 17, 2013

Cegah Ancaman Amputasi bagi Penderita Diabetes

Cegah Ancaman Amputasi bagi Penderita DiabetesBAGI penderita penyakit gula atau diabetes milletus, rentan terhadap luka memang harus dicegah dan diwaspadai. Sebab, seorang penderita penyakit kencing manis akan mengalami kesulitan agar luka cepat mengering.  
Tentunya, tak sedikit penderita diabetes milletus akan dihadapkan pada ancaman amputasi. Untuk mencegahnya, RS Puri Cinere Depok memberi solusi terbaik. Sejak 18 Desember 2011, diresmikan satu fasilitas layanan kesehatan baru, yaitu Klinik Kaki dan Edukasi Diabetes di RS Puri Cinere.
 
Direktur RS Puri Cinere dr Judiwan Maswar mengatakan, Klinik Kaki dan Edukasi Diabetes RS Puri Cinere ditujukan kepada penyandang diabetes mellitus dan keluarganya yang berkunjung ke rumah sakit, juga masyarakat sekitar yang memerlukan pengetahuan tentang penyakit tersebut. Serta pengelolaan komplikasi guna menunjang perubahan perilaku pola hidup penyandang diabetes mellitus ke arah yang lebih baik agar dapat mencapai kondisi fisik yang optimal.
 
?Klinik Edukasi Diabetes dan Kaki ini ditujukan bagi penderita diabetes agar hidup dengan cermat. Diabetes adalah salah satu penyakit dengan komplikasi cukup banyak. Bisa sebabkan stroke juga. Karena itu penting diberikan edukasi,? kata pria yang menjabat sebagai Sekjen Asosiasi Rumah Sakit Indonesia (ARSI) ini kepada Okezone di Depok, Jawa Barat, belum lama ini.
 
Judiwan menambahkan, penyakit diabetes jangan dianggap sebagai penyakit yang menakutkan, namun bagaimana di klinik tersebut dapat diedukasi  bahwa penyakt tersebut bisa menjadi sahabat. Yakni berupa pola makan dan olah raga teratur.
 
?Diabetes kalau ada luka, penyembuhannya lama, susah kering, bahkan kalau berlanjut bisa berujung  amputasi. Itu kita cegah,? paparnya.
 
Karena itu, RS Puri Cinere juga menggandeng Persatuan Senam Diabetes (Persadia) Depok untuk menggelar senam bagi para penderita diabetes. Senam tersebut digelar setiap Selasa?Kamis terbuka untuk masyarakat umum.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment