Sunday, March 17, 2013

Alat Ini Bantu Jantung Berdetak di Luar Tubuh

Alat Ini Bantu Jantung Berdetak di Luar TubuhTEKNOLOGI dalam dunia kesehatan terus menghadirkan inovasi terbaik. Baru-baru ini, para ahli mampu mempertahankan jantung tetap berdetak walaupun berada di luar tubuh manusia.  
Sebuah tim dokter, insinyur, dan ahli bedah dari Inggris mengumumkan keberhasilannya mempertahankan jantung pendonor tetap berdetak meskipun berada di luar tubuh manusia.
 
Kemampuan mempertahankan organ vital ini dipercaya akan berkembang di beberapa negara maju dan diharapkan bisa membantu pasien yang membutuhkan donor jantung, demikian yang dilansir Foxnews.
 
Sekira 13.000 transplantasi jantung dilakukan setiap tahun di Eropa dan Amerika Serikat, tetapi ada daftar tunggu gabungan dari sekira 30.000 pasien yang membutuhkan jantung yang baru.
 
Para ahli mengatakan, sampai seperempat dari pasien meninggal saat mereka menunggu transplantasi jantung. Pada saat yang sama, lebih dari 2.000 jantung yang dibuang setiap tahun karena kondisinya yang rusak oleh kekurangan oksigen atau tidak bertahan dalam proses pengawetan.
 
Teknologi baru yang dikembangkan oleh Coussios bersama-sama dengan Peter Friend, Direktur Pusat Transplantasi Oxford adalah menjaga jantung pada suhu tubuh dan memasok oksigen yang mengandung sel darah merah untuk tetap hidup.
 
Meskipun begitu, penyimpanan yang melebihi 20 jam bisa berisiko karena jantung yang disimpan dapat terinfeksi dengan bakteri atau virus. Pengembangan alat jantung ini diharapkan dapat membantu pasien yang membutuhkan transplantasi jantung, sehingga mereka tidak menunggu transplantasi terlalu lama.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment