Thursday, March 7, 2013

Disepelekan, Tumor Payudara Berpotensi Jadi Kanker

Disepelekan, Tumor Payudara Berpotensi Jadi Kanker   TUMOR payudara memang cenderung jinak dan bisa sembuh jika ditangani dengan baik. Namun, jangan menyepelekan penyakit yang satu ini. Pasalnya, jika dibiarkan begitu saja, tumor payudara bisa berkembang dan menyebar menjadi kanker payudara yang mematikan.
 
Seperti kasus yang dialami oleh penyanyi cantik Gisele yang baru-baru ini menjalani pengangkatan tumor payudara. Operasi yang dilakukan Gisele ini sebagai salah satu pencegahan agar tumor tidak berkembang menjadi ganas, dan berubah menjadi kanker. Berikut ini adalah jenis tumor yang bisa berkembang menjadi tumor ganas atau kanker yang patut Anda ketahui, seperti yang dilansir Livestrong.
Lobular Carcinoma

Menurut American Cancer Society, ini adalah jenis lain dari tumor kanker. Jenis ini dimulai pada kelenjar yang menghasilkan susu, jika masih dalam tahap lobular carcinoma in situ berarti kanker belum menyebar ke luar kelenjar, namun jika tumor tersebut adalah karsinoma lobular invasif berarti kanker telah menyebar ke jaringan lain di payudara atau ke organ lain dalam tubuh. Menariknya, National Cancer Institute melaporkan bahwa karsinoma lobular in situ jarang berkembang menjadi karsinoma lobular invasif. Meskipun begitu, penyebaran tumor ini bisa menyebabkan gangguan yang membahayakan bagi kesehatan.
 
Ductal Carcinoma

Ductal karsinoma adalah jenis tumor payudara yang ganas. The National Cancer Institute melaporkan bahwa jenis kanker dimulai dalam sel-sel yang melapisi sebuah saluran payudara. Ini adalah jenis yang paling umum dan awal dari kanker payudara. Terhitung sekira 20 persen dari semua kasus kanker payudara berawal dari tumor ini. Jika tumor tidak tumbuh melampaui duktus, kanker ini disebut karsinoma ductal in situ. Namun kadang-kadang tumor telah menyerang jaringan payudara di sekitarnya atau menyebar ke situs lain dalam tubuh dan disebut karsinoma ductal invasif. Segera lakukan penanganan agar kanker tidak menyebar dan menyebabkan Anda harus menjalani pengangkatan payudara. (ind)
 
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment