Saturday, March 2, 2013

Sel Telur Sehat, Kehamilan pun Lebih Cepat

Sel Telur Sehat, Kehamilan pun Lebih Cepat   MEMERSIAPKAN kehamilan tentu sangat penting bagi pasangan yang ingin memiliki momongan. Dengan melakukan persiapan dan perencanaan yang baik, maka Anda bisa mendapatkan kehamilan serta anak yang sehat.
 
Salah satu persiapan yang harus Anda lakukan, khususnya bagi wanita adalah meningkatkan kualitas ovum atau sel telur. Ini dapat membantu pembuahan dan mempercepat proses kehamilan. Pembuahan akan terjadi jika sel sperma dan sel telur sama-sama sehat. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk menjaga kualitas ovum, seperti yang dikutip dari buku Bayi tabung, Mempersiapkan Kehamilan, karya dr.Ivan R. Sini, SpOG, terbitan Gramedia.
 
Melancarkan aliran darah dan oksigenasi
 
Kurang olahraga merupakan penyebab kurangnya oksigen dalam darah. Oksigen ini akan dibawa oleh darah sampai ovarium. Selain itu, kurang mendapatkan asupan cairan juga bisa mengurangi pasokan  oksigen dalam tubuh. Oleh karena itu, untuk melancarkan aliran darah dan oksigenasi, olahraga teratur dan penuhi asupan cairan tubuh harian Anda.
 
Keseimbangan hormon
 
Stres dan pola makan yang tidak sehat, berpotensi memicu ketidakseimbangan pada hormon. Hormon yang tidak seimbang bisa membuat siklus menstruasi Anda menjadi tidak teratur, atau malah tidak terjadi ovulasi sama sekali.
 
Asupan gizi
 
Apapun yang Anda makan dapat memengaruhi kesehatan sel telur Anda. Bahan makanan yang dapat menyehatkan sel telur adalah brokoli, ikan, biji labu kuning, jahe, wijen, sayuran berwarna hijau gelap, royal jelly, kunyit dan buah-buahan.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment