Friday, April 5, 2013

Dalam Kantong yang Sehat Terdapat Jiwa Kuat

Dalam Kantong yang Sehat Terdapat Jiwa KuatMENURUT poling yang dilakukan Indonesia Research Center (IRC), mayoritas masyarakat kelas menengah di Indonesia mengaku bahwa kondisi kesehatannya baik. Kondisi ini tentu saja tidak lepas dari tingkat kemampuan warga masyarakat kelas menengah dalam mengatasi masalah biaya pengobatan ketika sakit.  
Poling melalui telefon yang dilakukan terhadap 954 responden berusia 17 tahun ke atas ini ternyata berbalikan dengan peristiwa-peristiwa tragis yang dialami masyarakat miskin. Dari data yang diperoleh, juga terlihat bahwa semakin rendah jumlah pengeluaran rata-rata tiap bulan responden, maka semakin tinggi kekhawatiran mereka menghadapi biaya pengobatan.
 
Ada sekira 50 persen warga yang menyatakan khawatir dan 12 persen sangat khawatir terhadap kemampuan mereka membayar biaya perawatan apabila mereka atau anggota keluarganya jatuh sakit. Sekitar 80 persen yang khawatir dan sangat khawatir tersebut memiliki pengeluaran kurang dari Rp700 ribu/bulan. Sementara mereka yang memiliki pengeluaran lebih dari Rp10 juta/bulan, hanya sekira 30 persen yang merasa khawatir.
 
Survei yang dilakukan di Kota Jakarta, Medan, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Makassar, Samarinda, Bandar Lampung, dan Palembang ini juga mencatat bahwa warga Bandung mengaku kondisi kesehatannya baik. Terbesar dari kota lainnya, yaitu dengan jumlah 84 persen.
 
Melihat angka yang cukup tinggi pada penilaian responden terhadap kondisi kesehatannya saat ini dan rasa khawatir yang relatif rendah terhadap kemampuan membiayai si sakit, dapat disimpulkan bahwa terhadap gap antara kelompok menengah dan bawah terkait akses pada layanan kesehatan.
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment