Friday, April 5, 2013

Selain Flu Burung, Waspadai Gejala Infeksi Coronavirus

Selain Flu Burung, Waspadai Gejala Infeksi CoronavirusKEMUNCULAN beberapa strain virus baru tampaknya membuat seluruh warga dunia patut waspada. Selain adanya strain virus flu burung H7N9, virus yang mirip dengan SARS, yaitu coronavirus, juga masih patut diwaspadai.
 
Coronavirus yang ditemukan pada awal bulan September tahun lalu ini sudah menginfeksi sekira 17 orang di Timur Tengah dan Eropa, bahkan 11 di antara para korban meninggal dunia. Untuk melakukan pencegahan, para peneliti kemudian mengadakan berbagai penelitian untuk melihat bagaimana virus tersebut berkembang pada manusia.
 
Menurut para peneliti dari National Institute of Allergy and Infectious Diseases (NIAID) melakukan penelitian dengan mengembangkan infeksi pada kera. Mereka melihat gejala penyakit mulai berkembang dalam waktu 24 jam setelah adanya infeksi.
 
Gejala tersebut berupa  hilangnya nafsu makan, demam, perubahan dalam pernapasan, batuk dan merinding. Baik pada kera dan manusia, penyakit ini dapat sangat berbahaya karena dapat berubah menjadi pneumonia.
 
Meskipun kasus infeksi baru sejauh ini terjadi di luar Amerika Utara, para peneliti khawatir bahwa penyakit bisa muncul di Amerika Serikat atau Kanada atau bahkan di tempat lain. (ind)
 
(tty)

»

0 comments:

Post a Comment