Monday, July 15, 2013

Rutinitas Wajib untuk Penderita Diabetes

 Rutinitas Wajib untuk Penderita DiabetesMENDERITA diabetes bukan halangan Anda untuk menjalani serangkaian aktivitas harian. Dengan disiplin melakukan pola hidup sehat dan rutin kontrol ke dokter, diabetes pun akan bersahabat.

Banyak cara simpel yang bila dilakukan diabetesi untuk menjaga kesehatannya. Misalnya saja mengonsumsi makanan dengan porsi yang cukup plus buah-buahan setiap hari.

Cara tersebut mungkin sudah jadi rahasia umum yang dilakukan banyak orang. Di luar tip tersebut, ada pula cara lain yang lebih efektif untuk menunjang performa harian Anda. Ulasan menariknya dipaparkan Healthmeup berikut.

Teratur memonitor gula darah

Selain mengonsumsi obat dan melakukan diet sehat, rutin memonitor gula darah ialah salah satu bagian penting menjaga kondisi tubuh diabetesi terus prima. Dalam hal ini, Anda harus memerhatikan kadar gula darah dengan mengacu pada zona amannya yaitu 80 sampai dengan 120 miligram/dl. Bahkan kalau perlu juga rutin memonitor tekanan darah dan kolesterol.

Memonitor kebiasaan makan dan makanan sehat

Bagi diabetesi yang ingin menghindari tubuh tak mudah lemas, Anda harus bisa memonitor kebiasaan makan dan jenis asupan makanan sehat. Anda bisa memulainya dengan menghindari mengonsumsi makanan kemasan seperti keripik kentang, burger, pizza, selai, pasta dan lain lain. Kemudian, memiliki porsi makan siang dan makan malam yang tak berlebihan, dengan cara mengontrol porsi menu makanan, mengunyahnya dengan perlahan-lahan dan berhenti saat sudah cukup, bukan kenyang. Sebab untuk diabetesi, persoalannya bukan apa yang Anda makan, tetapi seberapa banyak makanan yang Anda makan.

Mengonsumsi dua porsi buah dan sayuran setiap hari

Mengonsumsi dua porsi buah dan tiga sampai empat sayuran setiap hari baik untuk kesehatan tubuh diabetesi dimana kandungan serat dan juga nutrisi di dalamnya dapat membantu kondisi fisiknya tubuh tak mudah letih. Kendati demikian, Anda tetap harus bisa mengontrol jumlah yang masuk dalam tubuh, sebab makanan sehat juga bisa mengganggu kondisi tubuh diabetesi bila terlalu banyak masuk dalam tubuh.

Kembali menjalani gaya hidup sehat

Kurangnya berolahraga dan tanggung jawab perkerjaan sering memicu stres bisa menggangu kesehatan tubuh diabetesi. Untuk itu, usahakan Anda menghindarinya yaitu Anda bisa melakukan kegiatan kecil yang membugarkan tubuh setiap hari, antara lain jalan pagi atau lari pagi. Kemudian menjaga pikiran tetap positif dan memiliki jam tidur minimal enam jam setiap hari. (ind)

»

0 comments:

Post a Comment