Sunday, July 14, 2013

Agar Gagal Ginjal Tak Menghantui

Agar Gagal Ginjal Tak MenghantuiPENYAKIT ginjal memang patut diwaspadai semua orang. Sebab, penyakit ini membuat kualitas hidup penderitanya menurun drastis.Untuk itu, Anda harus mengambil langkah preventif sejak dini agar bisa menghindari risiko tersebut.

Gagal ginjal merupakan penyakit yang sulit untuk disembuhkan, hal ini karena pasien gagal ginjal harus melakukan operasi transplantasi ginjal guna mengganti organ ginjalnya yang tak berfungsi lagi. Namun tak usah cemas, asal Anda mengetahui pemicu dan menerapkan pola hidup sehat dan teratur melakukan check up risiko tersebut dapat dihindari.

"Penyakit gagal ginjal cenderung dipicu karena efek buruk dari penyakit Diabetes Mellitus (DM), hipertensi, batu ginjal, obat-obatan seperti penghilang rasa sakit dan antibiotik. Namun, lebih dari itu mengapa gagal ginjal harus diwaspadai dikarenakan penyakit ini tak memiliki gejala awal, apakah itu pembengkakan di wajah, pergelangan kaki, anemia, nyeri tulang, kehilangan nafsu makan dan libido serta beberapa gejala seperti penyakit kronis umumnya,"kata Dr Sanjiv Saxena selaku Kepala Nephrologi dari Pushpawati Singhania Research Institute di New Delhi. Demikian seperti dilansit Healthmeup.

Ditambahkannya,bagi Anda yang sudah memiliki penyakit kronis (penyembuhan penyakitnya memiliki waktu yang lama) harus lebih waspada. Sebab, penyakit gagal ginjal banyak disumbangkan dari pasien DM dan juga hipertensi. Maka, untuk mengurangi risiko itu Anda bisa memantau gula darah tingkat dan tekanan darah serta pastikan Anda rutin melakukan check up.

"Cara sederhana yang bisa dilakukan ialah menjaga kadar gula darah bila Anda menderita penyakit diabetes, kemudian terus memantau tingkat tekanan darah Anda. Pastikan secara teratur memeriksakan fungsi ginjal, bagi Anda yang sudah mengalami penyakit kronis lainnya. Hal ini untuk mengantisipasi efek buruk penyakit kronis lainnya merembet ke fungsi ginjal Anda. Dan bila fungsi ginjal sudah terlanjur terganggu dan terdeteksi, upayakan secara teratur ke dokter untuk memeriksakan kondisi terkini tubuh agar menghindari kemungkinan yang tak diinginkan," pungkasnya. (ind)

»

0 comments:

Post a Comment