Saturday, July 13, 2013

Olahraga Singkat Bikin Nafsu Makan Terkontrol

Olahraga Singkat Bikin Nafsu Makan TerkontrolSERING merasa lapar pada waktu yang tidak tepat? Tentu ada yang tak beres dengan pola makan Anda selama ini. Untuk mengatasinya, lakukan perubahan pada pola makan Anda agar lebih baik. Selain itu, yang juga perlu diperhatikan ialah mengubah pola olahraga Anda. Apa pasal?

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa seberapa keras dan lamanya Anda berolahraga berefek pada berapa banyak Anda makan nantinya. Jika Anda ingin menahan nafsu makan, lakukankah olahraga yang singkat dengan intensitas tinggi. Berikut tipnya.

Pertama, latihan berselang dengan intensitas tinggi (olahraga singkat intensitas tinggi, bergantian dengan periode intensitas rendah) mengurangi nafsu makan dan asupan kalori hingga 24 jam setelah berolahraga. Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of obesity, hal tersebut lebih baik dibanding 30 menit olaraga terus-menerus dalam intensitas sedang.

Para peneliti menyimpulkan bahwa efek penekan nafsu makan mungkin karena tingkat yang lebih rendah aktif ghrelin (hormon yang mengatur nafsu makan), dan tingkat yang lebih tinggi dari gula darah.

?Jenis latihan olahraga singkat dengan intesitas tinggi tidak hanya menekan nafsu makan, tetapi juga membakar lemak dan meningkatkan metabolisme hanya dalam hitungan menit dalam sehari,?ujar ahli gizi JJ Virgin, PhD, dikutip Prevention.

Virgin menambahkan, dengan melakukan olahraga singkat dengan intensitas tinggi membuat tubuh Anda bekerja untuk memeroleh oksigen, ?Hal tersebutlah yang membakar lebih banyak kalori tubuh di sepanjang sisa hari Anda,?tambahnya (ind)

»

0 comments:

Post a Comment