Wednesday, July 3, 2013

Kurang Vitamin D, Waspada Risiko Diabetes

Kurang Vitamin D, Waspada Risiko DiabetesRENDAHNYA tingkat vitamin D pada seseorang bisa meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes dan kondisi medis yang berhubungan dengan penyakit jantung.

Hal tersebut seperti diungkapkan dua penelitian yang menunjukkan hubungan antara vitamin D dan diabetes. Pada bagian pertama,  peneliti dari Johns Hopkins University School of Medicine menerima informasi medis dari 124 orang dewasa usia antara 36 sampai 89 tahun. Mereka telah dirawat karena diabetes tipe 2 di fasilitas rawat jalan khusus endokrin antara tahun 2003 hingga 2008.

Kemudian, para peneliti menemukan, lebih dari 90 persen pasien memiliki tingkat vitamin D cukup rendah dari darah mereka, dan termasuk sebagai yang kurang memadai.

Sementara itu, para peneliti mencatat bahwa hanya 6 persen dari peserta penelitian yang mengambil suplemen vitamin D.

Para peneliti juga menemukan bahwa pasien dengan tingkat vitamin D rendah juga memiliki tingkat kadar gula darah yang tinggi.

?Temuan ini mendukung peran aktif dari vitamin D dalam mencegah perkembangan diabetes tipe 2. Sejak penyedia layanan kesehatan mendiagnosa dan mengobati sebagian besar pasien diabetes tipe 2, skrining dan suplemen vitamin D dijadikan bagian dari perawatan rutin untuk meningkatkan hasil kesehatan,? tandasnya. (ind)

»

0 comments:

Post a Comment