Wednesday, July 3, 2013

Manfaat Sehat Puasa Perlu Anda Tahu

Manfaat Sehat Puasa Perlu Anda TahuBANYAK manfaat yang bisa didapatkan tubuh saat Anda menjalankan puasa Ramadhan. Selain tubuh yang lebih sehat, kadar lemak di tubuh pun ikut susut.

Hal ini sesuai pernyataan dari Dr. Edy Rizal Wahyudi, SpPD, KGer, FINASIM seorang dokter spesialis penyakit dalam di Rumah Sakit Umun Pusat Nasional (RSUPN) RS. Cipto Mangunkusumo.

Ia menjelaskan bahwa penelitian telah menunjukan bahwa puasa Ramadhan dapat membuat kadar lemak dalam tubuh menurun. Kemudian, manfaat ini tak hanya dirasakan orang yang sudah dalam usia lanjut, tapi orang yang masih tergolong muda sekalipun.

"Penelitian dilakukan terhadap 40 orang usia lanjut dan 40 orang dewasa muda dimana fokus dari  penelitian ini untuk mengetahui pengaruh puasa terhadap kadar lemak selama bulan Ramadhan. Dan peneliti menemukan bahwa terdapat penurunan kadar trigliserida pada usia lanjut yaitu dari 148, 8 miligram/dl menjadi 130, 887 miligram/dl," ujarnya dalam acara yang bertema Meraih Kesempurnaan Ibadah Puasa dengan Sehat Fisik dan Jasmani, di Aula Fakultas Kedokteran Indonesia, Jakarta, belum lama ini.

Selain kadar trigliserida turun, sambung Dr.Edy, terdapat juga penurunan kadar kolesterol pada dewasa muda yaitu dari 189 miligram/dl menjadi 179, 85 mg/dl.

Tak hanya sebatas itu, ada juga hasil penelitian lain yang menjelaskan bahwa menjalani puasa Ramadhan dapat membantu menurunkan kadar radikal bebas pada seorang yang sudah dalam usia lanjut, ketimbang hari-hari biasanya.

"Manfaat lain dari menjalani puasa Ramadhan bagi seorang pada usia lanjut ialah menurunkan kadar radikal bebas secara bermakna pada hari ke tujuh dan ke-17 selama puasa Ramadhan. Tetapi meningkat kembali pada hari ke-14 setelah puasa Ramadhan, namun tetap lebih rendah dibandingkan sebelum puasa," pungkasnya. (ind)

»

0 comments:

Post a Comment