Sunday, July 14, 2013

Jangan Beri Makanan Selain Asi pada Bayi 6 Bulan

Jangan Beri Makanan Selain Asi pada Bayi 6 BulanASI eksklusif adalah pemberian air susu ibu kepada bayi umur 0 - 6 bulan tanpa diberikan makanan atau minuman. Cara itu diklaim mampu menekan angka kematian bayi.

Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail mengajak para ibu untuk menerapkan ASI eksklusif. Hal itu disampaikannya disela - sela acara Neo Kampung Sehat Ramadhan 2013 digelar di Lapangan bulu tangkis Kampung Lio RT 01, RW 13, Jalan Kembang Ijo, Depok pada Sabtu (13/7) sore.

Dalam acara ini juga diselenggarakan lomba cerdas cermat yang diikuti oleh warga Kampung Lio Cerdas Cermat berisi tentang kesehatan, seperti air bersih, pertolongan persalinan dengan dengan bidan atau paragi, cuci tangan pakai sabun dan air yang mengalir, serta kesehatan ibu dan anak. Nur Mahmudi mengajak seluruh masyarakat menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat.

Ia juga meminta salah satu warga yang mengikuti lomba cerdas cermat untuk menceritakan tentang kesehatan ibu dan anak. ?Alhamdulillah angka kematian ibu dan bayi di Kota Depok sangat rendah. Untuk itu, terus sadari betapa pentingnya arti kesehatan bagi diri kita,"ujarnya.

Nur Mahmudi juga mengingatkan setiap ibu agar jangan sekali-kali memberi makan bayi sebelum berumur 6 bulan. Sejak lahir hingga usia bayi 6 bulan, bayi harus diberi Air Susu Ibu (ASI).

"Karena menurut teori, ASI adalah makanan yang paling sempurna yang diciptakan oleh Allah SWT. Tidak ada makanan yang lebih sempurna dari ASI, jangan memberi makanan apapun selain ASI bila bayi belum berumur 6 bulan,? ujar Ahli Teknologi Pangan dari A&M Texas University ini.

Ia juga mengimbau warga untuk memahami dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat dengan cara jangan lupa untuk selalu mencuci tangan sebelum makan. "Cuci tangan sebelum makan itu salah satu cara pola hidup bersih dan sehat," tegasnya. (ind) (tty)

»

0 comments:

Post a Comment