Wednesday, July 3, 2013

Dongkrak Energi Tubuh dengan Permen Berkafein

Dongkrak Energi Tubuh dengan Permen BerkafeinBANYAK cara untuk meningkatkan energi dalam tubuh. Salah satunya dengan mengonsumsi permen berkafein di sela kegiatan Anda.

Hal ini karena kafein dapat memertahankan tingkat ketahanan tubuh akibat olahraga yang rutin Anda lakukan, selain performa fisik meski asupan karbohidrat dalam tubuh sudah habis. Demikian hasil penelitian terbaru di Medicine & Science in Sports & Exercise.

Dalam penelitian tersebut, pengendara sepeda yang lelah menelan 1,4 miligram kafein dan mencegah penurunan performa akibat kehabisan karbohidrat dalam tubuh dibanding atlet yang mengambil plasebo (sebuah pengobatan yang tak bermanfaat).

"Mengapa kafein bisa meningkatkan energi dalam tubuh? Hal ini karena kafein dapat meningkatkan aktivitas dalam sistem saraf simpatik Anda, menghasilkan adrenalin, dan meningkatkan kapasitas otot Anda untuk terus bekerja -terlepas ketersediaan karbohidrat dalam tubuh masih ada atau tidak," kata Stephen Lane, Ph.D., penelitian dari RMIT University di Australia, seperti dilansir Menshealth.

Terlepas dari itu, Lane tak sengaja menginspirasi produsen permen sehingga akhirnya banyak bermunculan beberapa jenis permen karet berkafein, entah untuk dikonsumsi saat sebelum olahraga atau di sela kegiatan seseorang. Kemudian hasil penelitian lain di Kansas State University seolah mempertegas hasil penelitian Lane, di mana peneliti menemukan data bahwa seseorang yang mengisap permen kafein saat bersepeda dapat membantu meningkatkan performa fisiknya. (tty)

»

0 comments:

Post a Comment