Sunday, July 14, 2013

Camilan & Minuman Soda Picu Kanker Usus?

Camilan & Minuman Soda Picu Kanker Usus?UNTUK pertama kalinya mengonsumsi camilan ringan berkalori tinggi dan minuman manis dihubungkan dengan penyakit kanker usus. Apa pasal?

Hal tersebut seperti dikatakan sebuah penelitian yang menunjukkan hubungan antara penyakit dan diet tinggi gula dan lemak. Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Edinburgh dan Universitas Aberdeen ini juga melihat adanya faktor risiko dari tingkat aktivitas fsiik, merokok dan diet.

Lebih lanjut, para peneliti memelajari kebiasaan diet lebih dari 2.000 pasien yang didiagnosis kanker usus, untuk kemudian membandingkannya dengan orang-orang yang sehat. 

Selanjutnya, para ilmuwan menemukan hubungan statistik antara kanker usus dan konsumsi tinggi camilan ringan berkalori tinggi dan minuman manis. Camilan berkalori tinggi itu meliputi 170 makanan yang berbeda dengan lemak dan kadar gula yang tinggi, seperti keripik, biskuit, kue, cokelat, kacang-kacangan, permen, dan minuman bersoda.

Penelitian yang akan dipublikasikan dalam European Journal of Cancer Prevention itu juga turut memerhitungan faktor-faktor risiko yang biasa menjadi penyebab kanker, seperti berat badan, merokok, dan gaya hidup tidak sehat.

?Sejauh sepengetahuan kita, ini adalah penelitian yang melaporkan hubungan antara faktor-faktor tertentu, seperti beberapa jenis camilan ringan dan minuman manis dengan kanker usus besar yang sebelumnya belum diidentifikasi sebagai faktor risiko,? ujar Evropi Theodoratou dari Edinburgh University?s School of Molecular Genetics and Population Health Science.

Dia juga menambahkan, kemungkinan memiliki kanker usus besar jadi 18 % lebih tinggi jika mengonsumsi camilan ringan berkalori tinggi dan minuman manis.
(ind)

»

0 comments:

Post a Comment